Jurnalisme Islam pada rubrik khazanah republika online dalam pandangan dosen ilmu komunikasi jurnalistik UIN Bandung: Studi deskriftif kualitatif pada dosen Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Bandung

al-Hafiizh, Naufal (2018) Jurnalisme Islam pada rubrik khazanah republika online dalam pandangan dosen ilmu komunikasi jurnalistik UIN Bandung: Studi deskriftif kualitatif pada dosen Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_abstrak.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftar isi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (710kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy

Abstract

Membicarakan jurnalisme (pers) Islam tentu saja memerlukan dasar-dasar teoritis yang kokoh. Sejauh ini terminologi jurnalisme (pers) Islam masih terus dikaji. Memang secara definitif, jurnalisme Islam belum memiliki definisinya secara baku. Namun demikian, tidak berarti wacana jurnalisme Islam menjadi sesuatu yang alergi untuk dilirik dan dikaji dalam perspektif keilmuan.Setidaknya ada beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai pedoman kasar yang biasanya digunakan untuk memberi istilah atau pengertian jurnalisme (pers) Islam dengan cara menentukan unsur- unsur isi, etika media, dan komitmen terhadap Islam. Sebuah penerbitan sebagai proses kerja jurnalistik bisa saja ditujukan pada kaum muslimin, namun tanpa komitmen demi kepentingan umat Islam atau agama Islam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pandangan Dosen Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Bandung TENTANG Jurnalisme Islam pada Rubrik Khazanah Republika Online. Teori yang digunakan merupakan teori persepsi Gordon Allport bahwa persepsi merupakan pengalaman fenomologis seseorang terhadap suatu objek, yaitu suatu cara pandang individu terhadap objek atau situasi. Definisi tersebut tampak bahwa apabila individu mempersepsikan ssuatu maka ia akan memiliki pengalaman fenomologis mengenai objek tersebut dan pengalaman tersebut menunjukan pengetahuan dan pemahaman individu terhadap suatu objek. Penelitian dilakukan pada delapan Dosen Ilmu Komunikasi Jurnalistik sebagai narasumber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, paradigm konstruktivisme, dan menggunakan metode Deskriftif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pandangan dosen Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Bandung tentang Jurnalisme Islam pada rubrik khazanah Republika Online bahwa republika online termasuk pada karakteristik jurnalisme islam yang menerapkan prinsip-prinsip jurnalisme islam, Pandangan dosen Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Bandung tentang penyajian Jurnalisme Islam pada rubrik khazanah Republika Online mengedepankan nilai-nilai islam dalam penyajiannya dan berita yang disajikan sudah sesuai dengan standar jurnalistik, sikap dosen Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Bandung tentang isu Jurnalisme Islam pada rubrik khazanah Republika Online bahwa isu yang diambil bisa menambah pengetahuan tentang keislaman dan bisa diterima oleh semua kalangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Islam; Republika Online; Khazanah;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: naufal alhafiizh
Date Deposited: 04 Apr 2019 08:17
Last Modified: 04 Apr 2019 08:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19659

Actions (login required)

View Item View Item