Internalisasi nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini melalui program pembelajaran pohon karakter: Penelitian di RA/TK Persis Se-Kecamatan Tarogong Kidul Garut

Ningrum, Listia (2018) Internalisasi nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini melalui program pembelajaran pohon karakter: Penelitian di RA/TK Persis Se-Kecamatan Tarogong Kidul Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover tesis.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)

Abstract

INDONESIA: Penanaman nilai-nilai keagamaan yang berlangsung sejak dini mampu membentuk religiusitas anak. Hal ini dapat terjadi karena pada usia tersebut diri anak belum mempunyai konsep-konsep dasar untuk menolak atau menyetujui segala yang masuk pada dirinya. Pendidikan bagi anak usia dini memiliki berbagai problematika, yakni belum ditemukannya terobosan baru terkait dengan cara bagaimana mengoptimalkan penanaman nilai keagamaan. Melihat problematika tersebut maka salah satu upaya dilakukan, salah satunya yaitu melalui program Pohon Karakter bagi anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini meliputi desain dan strategi, pelaksanaan program, faktor pendukukng dan penghambat, dan hasil dari Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Melalui Program Pembelajaran Pohon Karakter (Penelitian Di RA/TK Persis Se-Kecamatan Tarogong Kidul Garut). Internalisasi merupakan suatu proses penghayatan seseorang yang dibangun dalam suatu kepribadian dan menjadi sebuah perilaku. Nilai adalah keyakinan yang membuat seseorang bertindak atas dasar pilihannya yang sangat erat kaintannya dengan kata baik. Istilah nilai sering dimaknakan dengan kata karakter. Karakter adalah ciri khas seseorang atau sekelompok orang yang mengandung kapasitas moral. Nilai-nilai dalam pendidikan Islam dipetakan dalam dua kajian yakni unsur-unsur iman dan Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Komponen yang dilakukan dalam melakukan analisis data adalah pengumpulan data, display data, ferivikasi dan kesimpulan. Sementara itu, uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan member cek. Hasil penelitian ini yaitu; Pertama, desain dan strategi internalisasi nilai agama Islam melalui program Pohon Karakter di RA/TK Persis se-Kecamatan Tarogong Kidul adalah melalui cerita/dongeng karakter, kartu kata karakter, menyanyi karakter, simulasi dan evalusi. Kedua, program ini dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang diwujudkan dalam silabus dan RPPH. Ketiga, hasil penelitian ini terlihat dari perilaku peserta didik yang mengalami perubahan pada level berkembang sesuai harapan melalui pembiasaan nilai-nilai agama Islam. Keempat, faktor pendukung program ini adalah PC Persistri Tarogong Kidul, Bidgar Paud Pc Persistri Tarogong Kidul Garut, Kepala Sekolah, Wakasek Bidang Kurikulum, Wali Kelas dan Guru Kelas. Sedangkan faktor penghambat dari program ini adalah konsistensi guru melaksanakan program yang berkesinambungan, kesulitan belajar pada anak, kreatifitas guru, dan kerjasama orang tua. ENGLISH: The implementations of religious values since early stage are able to form young religiosity. In the case, in the early age the young has not possessed the basic concepts which exerted either to reject or receive all things. The Early childhood education holds some problematic; there has not been found innovation how to optimize the implementation of religious values. Therefore, one of efforts executed is Tree-Character program for early childhood. The aims of research involved the design and strategy, program implementation, support and obstacle factors and result of the Internalization of Islamic Education Values in Early Childhood through Learning Program of Tree-Character which conducted in RA/TK Persis in Tarogong Kidul Sub-Districts. The Internalization is a person’s appreciation process which is built into a personality and to be a behavior. The Value is a belief to act on the basis of person’s choice which is closely related in good. The value tends to be a character – that is the characteristics of individual or group whose contain moral capacity. The Islamic education values are divided by the elements of faith and Islam. The research applied qualitative with descriptive analysis method. The data collection was obtained by observation, interview and documentation. The components executed in data analysis were data collection, data display, verification and conclusion. Besides that, the validity test was obtained by observation oftentimes, triangulation, and member check. The results of research obtained; First, the design and strategy of the internalization of Islamic education values through Tree-Character program in RA/TK Persis in Tarogong Kidul Sub-Districts concerned with character story, character word card, character singing, simulation and evaluation. Second, the program was applied through planning implementation and evaluation which created in syllabus and RPPH. Third, the result of research was appeared on young behaviors which transform in developing level based on expectation through the habitation of Islamic education values. Fourth, the support factors of program were PC Persistri Tarogong Kidul, Bidgar Paud PC Persistri Tarogong Kidul Garut, Principal, Deputy of Curriculum, Homeroom Teacher and Classroom Teacher. Whereas the obstacle factors were the consistency of teachers who apply program continuously, learning difficulty of early childhoods, creativity of teachers and contribution of parents.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; Nilai Islam; Anak Usia Dini; Pohon Karakter
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:29
Last Modified: 13 Jan 2022 01:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19673

Actions (login required)

View Item View Item