Manajemen pendayagunaan zakat dalam upaya pemberdayaan umat : Studi deskritif di Yayasan Semai Sinergi Umat Sinergi Fondation Jln. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki) No. 143 Kota Bandung

Nurjaman, Deden Ahmad (2017) Manajemen pendayagunaan zakat dalam upaya pemberdayaan umat : Studi deskritif di Yayasan Semai Sinergi Umat Sinergi Fondation Jln. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki) No. 143 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya lembaga zakat swasta yang kurang maksimal dalam pengelolaan dana zakat, karena kurangnya pamahaman SDM pengelola zakat terkait dengan pendayagunaan zakat. Pengelolaan zakat harus berkembang dalam rangka pemberdayaan mustahik supaya berkehidupan ekonomi yang layak melalui keterampilan yang menghasilkan. Sinergi Foundation merupakan lembaga independen milik publik yang sistem pendayagunaanya bersifat produktif dan konsumtif kreatif, dari beberapa program-program yang telah dilaksanakan diharapkan zakat bisa menajdi penyeimbang kepentingan umat terutama berkaitan dengan aspek ekonomi dan kesejahteraan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Manajemen Pendayagunaan Zakat, Proses Pelaksanaan Pendayagunaan Zakat dan sejauhmana keberhasilan dalam pengelolaan zakat di Yayasan Semai Sinergi Umat Sinergi Foundation Kota Bandung, yang pendistribusian zakatnya terfokus pada Bidang Pendidikan, Ekonomi dan Bidang Kesehatan dalam Upaya Pemberdayaan Umat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang objeknya adalah Yayasan Semai Sinergi Umat Sinergi Foundation Kota Bandung. Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan proses dan fungsi Manajemen. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan Observasi, Wawancara dan Studi Dokumenter. Serta metode analisis data, yaitu menguji keabsahan data yang didapat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa konsep pendayagunaan zakat Yayasan Semai Sinergi Umat Sinergi Foundation bersifat produktif kreatif dan konsumtif kreatif yang dituangkan ke dalam beberapa program yaitu: 1) Program Pendidikan (Beasiswa Pemimpin Bangsa), 2) Program Ekonomi (Lumbung Desa) dan 3) Program Kesehatan (Rumah Bersalin Cuma-Cuma). Berdasarkan teori Arief Mufraini Indikator keberhasilan pengelolaan zakat menggunakan pola qordul hasan yaitu bagaimana lembaga tersebut bisa menjadi elemen sekuritas sosial yang mengangkat derajat kesejahteraan mustahik menjadi muzaki. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa pendayagunaan zakat melalui pola qordul hasan berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Zakat; Umat; Manajemen
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:56
Last Modified: 12 Apr 2019 02:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19769

Actions (login required)

View Item View Item