Pemberdayaan ekonomi kreatif wanita Muslim Al-Hidayah dalam meningkatkan kesejahteraan jamaah: Penelitian di Majelis Wanita Muslim Al- Hidayah Kelurahan Jamika Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung.

Rohaeti, Eti (2017) Pemberdayaan ekonomi kreatif wanita Muslim Al-Hidayah dalam meningkatkan kesejahteraan jamaah: Penelitian di Majelis Wanita Muslim Al- Hidayah Kelurahan Jamika Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)

Abstract

Majelis wanita merupakan institusi keagamaan, memegang peranan penting dalam membentuk manusia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa,membangun jiwa kewanitaan yang menyadari tentang arti hidupnya,hanya saja kebiasaan majelis taklim wanita hanya terfokus pada pendidikan moral saja,padahal moral yang tidak disertai oleh tunjangan kehidupan ekonomi tidak akan menjamin keistiqomahan amal nyata, Namun beda dengan kehadiran majelis wanita muslim Al-Hidayah yang memfokuskan kegiatan ekonomi berbasis kerakyatan . Penelitian ini bertitik tolak dari adanya kewajiban bagi setiap muslim untuk melaksanakan kewajiban menyeimbangkan antara urusan dunia dan akhirat. Dengan demikian , sebagai masyarakat islam wanita muslim Al-Hidayah terus melakukan program penyeimbang dengan mengembangkan ekonomi kreatif jamaahnya sehingga kekuatan keimanan seorang wanita akan selalu kuat dengan terpenuhinya segala kebutuhan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi kreatif oleh wanita muslim Al-hidayah terhadap kesejahteraan jamaah di Kelurahan Jamika Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung. Penelitian menggunakan metode deskriftif peneliti menguraikan fenomena yang terjadi wanita muslim Al-Hidayah, dengan apa adanya khususnya yang berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi kreatif wanita Muslim Al-Hidayah tehadap kesejahteraan jamaah. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah :menentukan lokasi penelitian ,menentukan metode penelitian menentukan jenis dan sumber data,menentukan tekhnik pengumpulan data, dan akhirnya mengolah dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan ekonomi kreatif Al-Hidayah dalam meningkatkan kesejahteraan jamaah di kelurahan jamika kecamatan Bojongloa kaler Kota Bandung memiliki program unggulan dengan adanya pengelolaan bidang ekonomi, Sehingga jamaah terasa nyaman dalam mengikuti pembinaaan agama islam.yang disertai ekonomi jamaah dan keberhasilan pun nampak diantaranya Terbentuk kelompok usaha jamaah,modal bergilir, angka perselisihan rumah tangga berkurang. Terjalin tali persaudaraan yang kuat. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan ekonomi kreatif oleh wanita muslim Al-Hidayah sangat baik sekali dalam mensejahterakan jamaah dan masyaraat sekitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi; Moral; Muslim; Masjid
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:06
Last Modified: 12 Apr 2019 03:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19771

Actions (login required)

View Item View Item