Hamdani, Hamzah (2015) Persepsi audiens terhadap khithabah KH. Dr. Jujun Junaedi, M.Ag: Penelitian di Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung terhadap audiens yang menonton acara “Damai Indonesiaku” TV One. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (498kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (812kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
Abstract
Khithabah merupakan proses penyampaian pesan Islam dari seorang khatib kepada mukhatib, dengan metode dan media tertentu, sehingga tujuan dari proses khithabah ini adalah tersampaikannya pesan Islam secara efektif. Namun kenyataannya tidak demikian, khatib seringkali terkesan mengabaikan aspek “psiko-sosiologi” mukhatib, sehingga tidak terlalu memikirkan proses khithabah dua arah, yakni adanya penyandian balik pesan, tanggapan audiens, dan bagaimana persepsi audiens atau hasil yang dicapai. Padahal proses penyampaian pesan khithabah disebut efektif, apabila khatib mampu memperhatikan ”psiko-sosiologi” mukhatib, dalam arti membaca kebutuhan mukhatib, sehingga mukhatib memiliki persepsi positif kepada kegiatan khithabah selama ini. Atas dasar inilah peneliti merasa perlu mengkaji dan mengungkap persepsi audiens terhadap khithabah KH. Dr. Jujun Junaedi, M.Ag di tengah-tengah banyaknya ustadz yang tampil di media TV, karena tidak mungkin audiens mau menonton dan mengapresiasi pesan Islam kalau seandainya model khithabah beliau tidak bersifat persuasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian audiens terhadap karakter khatib KH. Dr. Jujun Junaedi, M.Ag., perhatian audiens terhadap kualitas stimulus pesan dan metode khithabah KH. Dr. Jujun Junaedi, M.Ag dan penerimaan audiens terhadap aktivitas khithabah Dr. KH. Jujun Junaedi, M.Ag dalam acara “Damai Indonesiaku” TV One. Teori yang digunakan adalah teori persepsi, dan konsep khithabah. Teori persepsi dari Jones dan Davis, teori ini meneliti tentang atribusi yakni untuk menganalisis sifat dan sikap seseorang, menjelaskan tentang kondisi-kondisi yang ada untuk dapat dijadikan suatu makna. Paradigma penelitian yang digunakan adalah konstruktivisme dengan pendekatan psikologis dan sosilogis. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus yaitu berupa uraian dan penjelasan secara menyeluruh mengenai berbagai aspek seseorang dan situasi sosial. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data: reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian di lapangan menunjukan persepsi yang bervariatif, yakni (1) penilaian audiens tehadap karakter khatib terdiri dari “persepsi baik” (dalam aspek keilmuan, penampilan dan wawasan) “persepsi kurang baik” (dalam aspek sikap, tutur kata dan bahasa), (2) perhatian audiens terhadap kualitas stimulus pesan dan metode khithabah “berpotensi kuat” (dalam aspek metode dan humor), “berpotensi lemah” (dalam aspek pesan dan bahasa), (3) penerimaan audiens terhadap aktivitas khithabah membuktikan bahwa audiens masyarakat Cimekar, memiliki “penerimaan aktif” yaitu selektif dalam menonton khithabah di TV, dan “penerimaan pasif” yakni tidak intensifnya audiens dalam menonton khithabah Dr. KH. Jujun Junaedi dalam program acara “Damai Indonesiaku” TV One. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi audiens terhadap khithabah Dr. KH. Jujun Junaedi, M.Ag menunjukan: (1) karakter khatib Dr. KH. Jujun Junaedi dipersepsi baik dan buruk oleh audiens, (2) kualitas stimulus pesan dan metode khithabah dipersepsi memiliki potensi lemah dalam aspek bahasa pesan dan potensi kuat dalam aspek metode humor, (3) aktivitas khithabah Dr. KH. Jujun Junaedi melalui media televisi dipersepsi aktif dan pasif oleh audiens.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | khithabah |
Subjects: | Islam > Sermons and Preaching Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 03:00 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 06:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19804 |
Actions (login required)
View Item |