Penerapan algoritma fuzzy logic tsukamoto untuk pemilihan jurusan pada Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Prasetyo, Aji Arwana (2017) Penerapan algoritma fuzzy logic tsukamoto untuk pemilihan jurusan pada Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)

Abstract

Salah satu perguruan tinggi yang terkemuka adalah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD Bandung). Terdapat 5 jalur ujian masuk ke UIN SGD Bandung, salah satunya adalah seleksi ujian mandiri. Pada seleksi ujian mandiri UIN SGD Bandung terdapat 7686 peserta yang mengikuti ujian, yang setiap tahunnya terus meningkat. Penentuan jurusan yang dilakukan UIN SGD Bandung berdasarkan nilai yang didapat pada saat ujian mandiri. Terdapat 5 penilaian untuk seleksi mahasiswa di UIN SGD Bandung diantaranya, Tes Potensi Akademik (TPA), Bahasa, Keislaman, IPA, dan IPS. Dari ke 5 penilaian tersebut nanti akan dihitung nilai rata-rata. Sehingga setelah diketahui maka akan diambil calon mahasiswa yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Dengan jumlah calon peserta yang begitu banyak, maka dalam menentukan jurusan di UIN SGD Bandung diperlukan ketepatan waktu, karena apabila terjadi kesalahan maka akan mempengaruhi teknik penulisan maupun penyajiannya. Selain itu jurusan yang disediakan lebih dari satu, yang memiliki kriteria-kriteria yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan algoritma fuzzy logic tsukamoto untuk menetukan jurusan yang sesuai dengan kriteria yang didapat oleh calon mahasiswa pada saat ujian mandiri, yang nantinya akan dihitung, sehingga menentukan jurusan yang sesuai dengan nilai yang telah dicapainya. Selain itu hasil penelitian yang telah dilakukan untuk penetuan jurusan, metode tsukamoto menghasilkan tingkat akurasi sebesar 93,82% dengan nilai AFER rata-rata simpangan yang terjadi antara data riil dengan data hasil prediksi sebesar 6,17%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: fuzzy logic tsukamoto; website; jurusan;
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Science Education
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 17 Apr 2019 07:37
Last Modified: 17 Apr 2019 07:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19818

Actions (login required)

View Item View Item