Fuad, Jauharul (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan strategi plantet question di SMP Islam Al-Maliyah Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1.cover 2017.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
5.ABSTRAK.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
8.DAFTAR ISI.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
11.BAB I.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
Abstract
Banyak siswa yang kurang menyukai dan kurang merespon mata pelajaran PAI yang terlihat dari keadaan kelas yang pasif dan siswa hanya mengembangkan kemampuan mengingat dan hafalan saja, kurang bersemangat dalam belajar, sehingga kadar keaktifan siswa menjadi rendah dan kurang mengembangkan kemampuan siswa. Sebaiknya strategi pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran, kondisi siswa, waktu pembelajaran dan lain-lain. Maka sebab ini, guru dituntut untuk memilih strategi pembelajaran yang tepat. Jika tidak menerapkan pembelajaran yang tepat maka akan terjadi miskonsepsi terhadap pesan yang terkandung dalam mata pelajaran tersebut, akibatnya siswa merasa jenuh sehingga nilai yang diperoleh siswa selalu di bawah KKM 70. Hal Ini, guru belum mampu memilih strategi pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Proses pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran Plantet Question, (2) Observasi aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran Plantet Question, (3) Hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran Plantet Question. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, maka diperlukan suatu kondisi belajar yang aktif dan melibatkan partisipasi seluruh siswa. Hal ini dapat terwujud dengan menerapkan strategi pembelajaran Plantet Question yang mampu mengaktifkan proses pembelajaran dan melibatkan siswa secara aktif dan berani untuk bertanya. Dalam penelitian ini penulis mengajukan hipotesis bahwa penerapan strategi pembelajaran Plantet Question dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perilaku Terpuji (ikhlas, sabar, dan pemaaf). Untuk membuktikan hipotesis tindakan di atas, diadakan penelitian dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus. Metode yang digunakannya adalah metode deskriptif dengan subjek penelitian yaitu kelas VII-6 di SMP Al-Maliyah Sukatani sebanyak 37. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari format observasi dan post tes. Dari hasil penelitian diperoleh kenaikan hasil belajar dari siklus I yaitu 32,35% yag dikategorikan belum tuntas, siklus II diperoleh nilai 64,86% yang dikategorikan mengalami peningkatan, sedangkan pada siklus III nilai rata-ratanya adalah 88,23% yang dikategorikan tuntas belajar. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Plantet Question mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar siswa; strategi plantet question; |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | jauharul fuad |
Date Deposited: | 16 Apr 2019 04:50 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 04:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19833 |
Actions (login required)
View Item |