Pengaruh jumlah pembiayaan Murabahah dan Ijarah terhadap pendapatan operasional di PT Bank Jabar Banten Syariah Periode 2013-2016

Fuadah, Dea Luthfi (2017) Pengaruh jumlah pembiayaan Murabahah dan Ijarah terhadap pendapatan operasional di PT Bank Jabar Banten Syariah Periode 2013-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)

Abstract

Pembiayaan Murabahah merupakan akad jual beli yang menyatakan harga asal dan keuntungan yang disepakati kedua belah pihak. Ijarah adalah akad antara (mu’ajjir) dengan nasabah (muttaajir) untuk menyewa suatu barang atau objek sewa dan bank tersebut dapat imbalan jasa atas barang yang disewa. Salah satu pendapatan operasional dipengaruhi oleh jumlah pembiayaan murabahah dan ijarah, apabila banyak transaksi pembiayaan murabahah maka pendapatan operasional juga mengalami peningkatan dan apabila pembiayaan ijarah maka pendapatan operasional juga mengalami kenaikan begitu pula sebaliknya. Dalam laporan keuangan di PT Bank Jabar Banten Syariah 2013-2016 untuk pembiayaan murabahah sudah mengalami kenaikan yang cukup baik setiap triwulannya akan tetapi untuk pembiayaan ijarah ada beberapa triwulan yang menunjukan pembiayaan ijarah naik pendapatan operasional menurun dan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembiayaan murabahah terhadap pendapatan operasional di PT Bank Jabar Banten Syariah, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembiayaan ijarah terhadap pendapatan operasional di PT Bank Jabar Banten Syariah, untuk mengerahui seberapa besar pengaruh pembiayaan murabahah dan ijarah terhadap pendapatan operasional di PT Bank Jabar Banten Syariah Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji t serta dianalisis secara simultan dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda dan uji F. Didukung dengan SPSS for Windows16.0. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji statistik yang dilakukan jumlah pembiayaan murabahah terhadap pendapatan operasional menunjukan hasil koefisien determinasi sebesar 55,1%, uji statistik yang dilakukan pembiayaan ijarah terhadap pendapatan operasional menunjukan hasil koefisien determinasi sebesar 40,1%, uji statistik yang dilakukan jumlah pembiayaan murabahah dan ijarah terhadap pendapatan operasional menunjukan hasil sebesar 55,3%, sisanya 44,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan kedalam penelitian. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa hasil fhitung adalah 8,041 sedangkan ftabel sebesar 3,805 sehingga besarnya fhitung > ftabel yaitu terima H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh positif signifikan antara jumlah pembiayaan murabahah dan ijarah terhadap pendapatan operasional secara simultan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan murabahah; Pembiayaan ijarah; Pendapatan Operasional;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 17 Apr 2019 07:38
Last Modified: 17 Apr 2019 07:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19834

Actions (login required)

View Item View Item