Implementasi Algoritma Boyer-Moore pada aplikasi Kamus Bahasa Sunda-Indonesia dengan menggunakan Tesseract untuk fitur Optical Character Recognition (OCR)

Nurfalah, Risma (2016) Implementasi Algoritma Boyer-Moore pada aplikasi Kamus Bahasa Sunda-Indonesia dengan menggunakan Tesseract untuk fitur Optical Character Recognition (OCR). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)

Abstract

INDONESIA: Aplikasi berbasis mobile telah marak digunakan dilingkungan masyarakat baik dikalangan anak maupun dewasa karena telah banyak membantu dalam masalah pekerjaan maupun dalam pembelajaran. Salah satu media dalam pembelajaran bahasa adalah kamus yang dapat digunakan untuk mencari arti kata-kata yang tidak diketahui. Tujuan dari pembuatan aplikasi kamus bahasa sunda- indonesia ini adalah untuk membuat sebuah apliksi penerjemah berbasis mobile dari citra atau gambar dengan melibatkan algoritma dalam proses pencarian kata. Algoritma merupakan urutan langkah-langkah yang dinyatakan dengan jelas dan tidak rancu untuk memecahkan suatu masalah dalam rentang waktu tertentu. Artinya, setiap langkah harus dapat dikerjakan dan mempunyai efek tertentu. Salah satu algoritma yang digunakan dalam proses pencarian adalah algoritma Boyer-Moore. Algoritma Boyer-Moore menggunakan metode pencocokan string dimulai dari posisi kanan hingga akhirnya sampai pada posisi paling kiri. Algoritma Boyer-Moore menerapkan prinsip good sufix serta prinsip bad character. Dengan kedua prinsip ini, informasi string yang diperoleh dalam pencarian akan semakin banyak sehingga output yang dihasilkan akan menjadi lebih baik. Fitur Optical Character Recognition (OCR) dengan bantuan tesseract library digunakan agar image terkonversi dengan baik kedalam bentuk teks yang ditangkap oleh kamera handphone untuk memudahkan pengguna dalam menterjemahkan bahasa. ENGLISH: Mobile applications have been used by people of both adults and children, because it helps to jobs and education. one of the media in education of language is dictionary that can be used to find some words that are not known. The purpose of making this Sundanese-Indonesian dictionary application is to create a translator application based on mobile platform from picture or image using algorithm to search words. An algorithm is a sequence of steps which are explained in a clear and unambiguous to solve some of the problems within a specified time. It means, every step should be done and have some effect. One of algorithms that can be used to search processing is Boyer-Moore algorithm. Booyer-Moore algorithm uses String matching started from right position to the last left position. Boyer-Moore algorithm apply the good sufix and bad character principles. With these two principles, String information obtained in search processing will be coming more and more, so the output will come out better. Tesseract for Optical Character Recognition (OCR) feature is used because it can take pictures into text that taken by camera to help users to translating language.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Android; Algoritma Boyer-Moore; Kamus; Tesseract Optical Character Recognition (OCR)
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Science Education
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 22 Apr 2019 07:07
Last Modified: 22 Apr 2019 07:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19882

Actions (login required)

View Item View Item