Implementasi sistem zonasi dalam menjamin pemerataan pendidikan pada masyarakat pedesaan: Penelitian di Desa Patengan Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung

Nurjanah, Nurjanah (2019) Implementasi sistem zonasi dalam menjamin pemerataan pendidikan pada masyarakat pedesaan: Penelitian di Desa Patengan Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan sistem zonasi mengalami pro kontra akan tujuannya untuk menjamin pemerataan pendidikan. Faktor-faktor pengimplementasian sistem tersebut sangat tidak mendukung, baik dari segi sumber daya manusia, bangunan, maupun kerjasama dalam kaitannya dengan pendidikan. Hal tersebut disebabkan karena kondisi Desa Patengan Kecamatan Rancabali secara umum masih tradisional, terpelosok, jauh dari jangkauan pemerintah pusat dan sebagian besar lahan berupa daerah pertanian/perkebunan. Sehingga hanya memiliki beberapa bangunan sekolah yang menyebabkan sulitnya mendapatkan akses layanan pendidikan yang sesuai dengan harapan mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan sistem zonasi secara umum dan bagaimana penerapan sistem zonasi dapat mewujudkan harapan bangsa kita untuk memecahkan masalah pendidikan yang sangat penting yaitu mengenai pemerataan pendidikan, serta bagaimana hasil dari implementasi sistem zonasi yang dilaksanakan di Desa Patengan Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Struktural Fungsional dari Robert K. Merton yang menyatakan bahwa tidak setiap struktur dalam masyarakat memiliki nilai positif (berguna dan baik) bagi masyarakat, tetapi terdapat beberapa struktur yang tidak memiliki fungsi positif (disfungsi) atau kurang berkontribusi bagi masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk dapat menjelaskan fenomena-fenomena dan gejala sosial yang terjadi di Desa Patengan yang berkenaan dengan masalah pendidikan yang dijadikan objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem zonasi yang dicanangkan pemerintah dalam menjamin pemerataan pendidikan di Desa Patengan Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sistem zonasi; pemerataan pendidikan; masyarakat desa;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: nur janah
Date Deposited: 03 May 2019 02:45
Last Modified: 03 May 2019 02:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20075

Actions (login required)

View Item View Item