Pola interaksi sosial pada peserta didik jurusan IPS: Penelitian di MAN 1 Cilegon

Azmina, Nadhila Zahrin (2019) Pola interaksi sosial pada peserta didik jurusan IPS: Penelitian di MAN 1 Cilegon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di menjelaskan tentang pola interaksi sosial pada peserta didik di jurusan IPS melalui berbagai kegiatan di sekolah dan mendapatkan hasil yang diinginkan. Dalam bentuk kerjasama, persaingan, asimilasi, konflik apabila peserta didik di Jurusan IPS tidak mampu untuk berinteraksi dengan baik maka akan teralienasikan. Dari latar belakang masalah penelitian ini yang menjadi masalah penelitian yaitu bagaimana proses interaksi sosial dilihat dari program sekolah, kegiatan yang diikutinya apakah dapat terjalin dalam bentuk asosiatif atau disosiatif sehingga ketika mereka melakukan interaksi atau hubungan akan ada hasil yang dicapainya. Teori yang dipakai adalah Interaksi Simbolik yaitu menggabungkan antara manusia dan makna. Manusia bertindak terhadap sesuatu berdasarkan makna-makna yang ada pada sesuatu itu bagi mereka. Makna tersebut berasal dari interaksi sosial seseorang dengan orang lain dan makna-makna tersebut disempurnakan disaat proses interaksi sosial berlangsung. Manusia tidak hanya mengenal objek ekternal, mereka dapat melihat dirinya sebagai objek. Seperti, anak IPS merasa bahwa dirinya menyukai hal yang sifatnya non formal atau menghibur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang memfokuskan pada dua aspek, yakni aspek studi pustaka dan aspek lapangan. Pemilihan metode deskriptif kualitatif karena lebih melihat pada pola interaksi sosial pada peserta didik jurusan IPS, proses-proses bagaimana pola itu dijalankan dengan menggunakan aspek sosiologisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses interaksi sosial cukup baik pada peserta didik Jurusan IPS di MAN 1 Cilegon melalui program sekolah. Adapun proses interaksi sosial terlihat penerapan dalam kegiatan yang berbentuk kerjasama, persaingan, asimilasi dan konflik yang terjadi pada waktu tertentu menghasilkan nilai-nilai karakter, mandiri dan memiliki etika yang sesuai dengan norma dan nilai di masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial; Peserta Didik
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nadhila Zahrin Azmina
Date Deposited: 06 May 2019 07:47
Last Modified: 06 May 2019 07:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20118

Actions (login required)

View Item View Item