Penerapan Metode Interactive Demonstration untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan

Patmawati, Atik (2016) Penerapan Metode Interactive Demonstration untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini siswa mengalami kendala memahami materi karena metode yang digunakkan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif. Oleh karena itu, perlu dicari alternatif pembelajaran yang mampu memotivasi belajar. Metode Interactive Demonstration menguji kemampuan siswa dalam mengelola dan mengaplikasikan betuk konsep dengan masalah sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanan metode Interactive Demonstration, proses pembelajaran, hasil belajar siswa yang menggunakan metode Interactive Demonstration dan tanpa menggunakan metode Interactive Demonstration serta pengaruh penerapannya terhadap hasil belajar siswa dikelas VII SMPN 2 Muaragembong. Metode penelitian ini quasi eksperiment dengan desain pretest - posttest control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, serta field note. Keterlaksanaan metode Interactive Demonstration berdasarkan aktivitas guru rata-ratanya 92,5% kategori sangat baik dan aktivitas siswa rata-rata 97,57% kategori sangat baik. Proses pembelajaran berdasarkan field note seluruh siswa terlihat antusias dan bersemangat mengikuti pembelajaran. Hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan dengan menggunakan metode Interactive Demonstration rata-rata pretest 45,6 posttest 75,12 dan uji N-gain 0,48. Uji hipotesis didapatkan thitung posttest 3,06 dan ttabel 2,02 artinya H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf signifikan 5% menunjukan adanya pengaruh penerapan metode Interactive Demonstration pada materi pencemaran lingkungan. Metode Interactive Demonstration berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Interactive Demonstration; Hasil Belajar; Pencemaran Lingkungan
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 08 May 2019 03:46
Last Modified: 08 May 2019 03:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20154

Actions (login required)

View Item View Item