Penerapan model pembelajaran cooperative learning type talking stick terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman makhluk hidup: penelitian Quasy Eksperimen di Kelas VII SMPN 2 Pangandaran

Adzani, Denada (2016) Penerapan model pembelajaran cooperative learning type talking stick terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman makhluk hidup: penelitian Quasy Eksperimen di Kelas VII SMPN 2 Pangandaran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I fix.pdf

Download (878kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III denada.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)

Abstract

Latar belakang penelitian berawal dari peserta didik yang mengalami kesulitan saat diajarkan materi keanekaragaman makhluk hidup. Hal ini dapat diwujudkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Taling Stick. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, mengetahui proses dan hasil belajar siswa dengan menggunakan dan tanpa menggunakan penerapan model pembelajaran cooperative learning type talking stick serta mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning type talking stick. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini siswa kelas VII A dan B SMPN 2 Pangandaran tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan field notes kemudian dianalisis. Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Taling Stick berdasarkan aktivitas guru rata-rata 95,23% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa rata-rata 94,3% kategori sangat baik. Proses pembelajaran berdasarkan field note seluruh siswa bersemangat dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan dan tanpa menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick rata-rata pretest 59,00 dan posttest 72,60. Uji hipotesis kedua kelas yaitu thitung > tTabel dengan nilai 6,16 > 2,02 maka H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf signifikan 5%. Artinya terdapat perbedaan Hasil belajar siswa menggunakan dan tanpa menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Dengan demikian, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learningl; Talking Stick; field note
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 10 May 2019 07:12
Last Modified: 10 May 2019 07:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20198

Actions (login required)

View Item View Item