Pengaruh rasio profitabilitas terhadap harga saham: Studi pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2008-2017

Fithriyani, Dini Adilah (2019) Pengaruh rasio profitabilitas terhadap harga saham: Studi pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Dalam perkembangannya salah satu faktor yang mempengaruhi harga saham suatu perusahaan adalah faktor internal yang diantaranya meliputi nilai-nilai fundamental perusahaan. Salah satu yang nilai fundamental perusahaan adalah bagaimana perusahaan dinilai dapat menghasilkan keuntungan yang dalam perhitungannya menggunakan rasio profitabilitas. Yang termasuk kedalam rasio profitabilitas ini diantanya adalah Retun On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Retun On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE), terhadap harga saham. Dimana variabel independen Retun On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE). Sedangkan untuk variabel dependen adalah harga saham. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data historis berupa data Panel Populasi yang digunakan adalah data keuangan perusahaan tahun 2008-2017, dimana pengambilan sampel menggunakan non probability sampling.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi data panel, pengujian hipotesis (uji t dan uji f) dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial dan simultan Retun On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Hasil analisis menggunakan uji t menunjukan bahwa Retun On Asset (ROA), sebagai variabel X1 diperoleh nilai thitung 5.280 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, Return On Equity (ROE) sebagai variabel X2 diperoleh nilai thitung 4.529 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan hasil analisis menggunakan uji f menunjukan nilai fhitung¬ adalah 4,5788 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil koefisien determinasi (R2) menunjukan angka 86,4% sedangkan sisanya sebesar 13,6% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti atau tidak masuk dalam model regresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return On Asset (ROA); Return On Equity(ROE); Harga Saham;
Subjects: Econmics
Accounting
Accounting > Accounting for Specific Phases of Business Activity
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dini Adilah Fithriyani
Date Deposited: 13 May 2019 04:13
Last Modified: 13 May 2019 04:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20248

Actions (login required)

View Item View Item