Pengaruh inflasi dan tingkat suku bunga (BI Rate) terhadap return saham: studi kasus pada PT. Bank Central Asia (BCA) Tbk periode 2013-2017

Rianti, Rina (2019) Pengaruh inflasi dan tingkat suku bunga (BI Rate) terhadap return saham: studi kasus pada PT. Bank Central Asia (BCA) Tbk periode 2013-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia yang sebenarnya hampir semua investasi mengandung unsur ketidakpastian atau risiko. Pemodal tidak tahu dengan pasti hasil yang akan diperolehnya dari investasi yang dilakukannya. Dalam keadaan semacam itu dikatakan bahwa pemodal tersebut menghadapi risiko dalam investasi yang dilakukannya. Return merupakan tujuan utama investor untuk mendapatkan hasil dari investasi yang dilakukan oleh investor. Tingkat return yang diperoleh investor dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor mikro ekonomi merupakan faktor yang berada di dalam perusahaan sedangkan faktor makro ekonomi merupakan faktor yang berada di luar perusahaan. Faktor makro ekonomi yang mempunyai pengaruh terhadap kenaikan atau penurunan kinerja perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung. Ketika terjadi perubahan pada faktor makro ekonomi, investor akan mengkalkulasi dampaknya, baik yang positif maupun negatif terhadap kinerja perusahaan beberapa tahun ke depan, kemudian mengambil keputusan membeli atau menjual saham. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif. Dalam penelitian ini metode deskriptif digunakan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran mengenai pengaruh Inflasi dan Tingkat Suku Bunga (BI Rate) terhadap Return Saham. Sedangkan metode verifikatif digunakan untuk menguji hipotesis yang berkaitan dengan Pengaruh Inflasi dan Tingkat Suku Bunga (BI Rate) terhadap Return Saham. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inflasi berpengaruh positif terhadap return saham sebesar 0,012 dan tingkat suku bunga (BI Rate) berpengaruh positif terhadap return saham sebesar 0,015. Secara simultan inflasi dan tingkat suku bunga (BI Rate) berpengaruh signifikan terhadap return saham yang dibuktikan dengan Fhitung sebesar 87,538 ˃ Ftabel sebesar 3,63, serta dengan tingkat signifikansi 0,000 ˂ 0,05 dan mempunyai proposisi pengaruh sebesar 92,1%. Artinya inflasi dan tingkat suku bunga (BI Rate) menunjukkan pengaruh yang sangat kuat terhadap return saham PT. Bank Central Asia (BCA) Tbk. Periode 2013-2017, sedangkan sisanya 7,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inflasi; Tingkat Suku Bunga (BI Rate); Return Saham
Subjects: Econmics > Economic Situation and Conditions
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rina Rianti
Date Deposited: 13 May 2019 06:51
Last Modified: 16 May 2019 03:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20268

Actions (login required)

View Item View Item