Penerapan metode Science Literacy Circles (SLC) untuk meningkatkan literasi sains siswa pada materi getaran dan gelombang

Pratiwi, Novia Gilang (2016) Penerapan metode Science Literacy Circles (SLC) untuk meningkatkan literasi sains siswa pada materi getaran dan gelombang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (721kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)

Abstract

Hasil observasi di MTs MIFTAHULFALAH Bandung, menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional yang membuat pesera didik sulit memahami konsep yang dipelajari karena kurangnya keterlibatan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga literasi sains peserta didik tidak berkembang. Oleh karena itu, literasi sains peserta didik perlu ditingkatkan khususnya pada materi getaran dan gelombang dengan menerapkan metode Science Literacy Circles (SLC). Metode Science Literacy Circles (SLC) mengajak pesera didik untuk berperan aktif selama proses pembelajaran dengan mengembangkan pengalaman-pengalaman pesera didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode Science Literacy Circles (SLC) dan peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi getaran dan gelombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design, dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII D MTs MIFTAHULFALAH Bandung yang berjumlah 30 orang. Data keterlaksanaan pembelajaran dengan metode Science Literacy Circles (SLC) diperoleh melalui lembar observasi dan kemampuan literasi sains pesera didik yang diperoleh melalui tes uraian. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan pesera didik setiap pertemuannya dengan rata-rata masing-masing 87% dan 68% berkategori baik. Terdapat peningkatan kemampuan literasi sains pesera didik pada materi getaran dan gelombang dengan rata-rata N-Gain 0,66 berkategori sedang. Hasil uji normalitas menunjukkan data pretest berdistribusi normal dan posttest berdistribusi tidak normal, maka uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Diperoleh hasil Zhitung > Ztabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi sains pesera didik dengan menggunakan metode Science Literacy Circles (SLC) pada materi getaran dan gelombang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Science Literacy Circles (SLC); literasi sainsp; getaran; gelombang;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 14 May 2019 07:32
Last Modified: 14 May 2019 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20273

Actions (login required)

View Item View Item