Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Semen Indonesia Tbk. Periode 2008-2017

Shoimah, Lathifah Nur (2019) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Semen Indonesia Tbk. Periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dugaan bahwa Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh terhadap Earning Per Share (EPS). Hal tersebut dikemukakan oleh teori yaitu ketika Current Ratio (CR) naik dan Net Profit Margin (NPM) naik maka Earning Per Share (EPS) naik. Begitu pula sebaliknya apabila Current Ratio (CR) turun dan Net Profit Margin (NPM) turun maka Earning Per Share (EPS) turun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) besarnya pengaruh Current Ratio (CR) terhadap Earning Per Share (EPS), (2) besarnya pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap Earning Per Share (EPS) (3) besarnya pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Earning Per Share (EPS)pada PT. Semen Indonesia Tbk. Periode 2008-2017. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sumber data penelitian sekunder yaitu data yang berasal dari laporan keuangan tahunan PT. Semen Indonesia Tbk. yang dianalisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji t serta dianalisis secara simultan dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda, dan uji f. Didukung oleh SPSS For Windows Versi 20 dimana data yang digunakan adalah data laporan keuangan PT. Semen Indonesia Tbk. Periode 2008-2017. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan: (1) perhitungan uji t menunjukan besarnya thitung < ttabel ( -1.202 < 2.306 ) dengan nilai signifikan 0.264. maka Ho diterima Ha ditolak yang artinya terdapat pengaruh negatif yang tidak signifikan antara Current Ratio (CR) terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT Semen Indonesia Tbk. (2) perhitungan uji t menunjukan besarnya thitung < ttabel ( 1.365 < 2.306 ) dengan nilai signifikan 0.209. maka Ho diterima Ha ditolak yang artinya terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan antara Net Profit Margin (NPM) terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT Semen Indonesia Tbk. (3) Berdasarkan uji F menunjukan bahwa fhitung < ftabel ( 8.121 < 4.74 ) dengan nilai signifikan 0.015. maka Ho ditolak Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT Semen Indonesia Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Net Profit Margin (NPM); Earning Per Share (EPS);
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Lathifah Nur Shoimah
Date Deposited: 14 May 2019 08:00
Last Modified: 14 May 2019 08:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20282

Actions (login required)

View Item View Item