Akad wakalah bi al-Ujrah kerjasama antara Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Bantarkalong Tasikmalaya dengan SMPN 1 Bantarkalong pada produk pembiayaan kesejahteraan pegawai

Lestari, Anggia Septiani (2019) Akad wakalah bi al-Ujrah kerjasama antara Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Bantarkalong Tasikmalaya dengan SMPN 1 Bantarkalong pada produk pembiayaan kesejahteraan pegawai. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)

Abstract

Salah satu yang digulirkan oleh Bank Jabar Banten Syariah KCP Bantarkalong adalah MOU dalam bentuk kerjasama Pembiayaan Kesejahteraan Pegawai dengan SMPN 1 Bantarkalong. Kerjasama ini menggunakan akad wakalah bi al-Ujrah, hanya saja dalam akad ini tidak ditentukan nominal ujrah yang dikeluarkan oleh Bank Jabar Banten Syariah yang diterima oleh SMPN 1 Bantarkalong sebagai wakil bank dalam memotong gaji pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme kerjasama/MOU antara Bank Jabar Banten Syariah KCP Bantarkalong dengan SMPN 1 Bantarkalong pada produk pembiayaan kesejahteraan pegawai, norma perjanjian kerjasama antara Bank Jabar Banten Syariah KCP Bantarkalong dengan SMPN 1 Bantarkalong pada produk pembiayaan kesejahteraan Pegawai dan harmonisasi antara norma pelaksanaan akad wakalah bi al-Ujrah dalam MOU antara BJB Syariah KCP Bantarkalong dan SMPN 1 Bantarkalong pada produk pembiayaan kesejateraan pegawai dengan Norma ujrah menurut Fatwa No. 113/DSN-MUI/IX/2017. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa ujrah dalam akad wakalah bi al-Ujrah berlaku ketentuan penetapan ujrah. Dalam suatu transaksi harus memenuhi asas-asas perjanjian yang melandasi penegakan dan pelaksanaannya yaitu Asas Ibadah (asas diniatkan ibadah), Asas kebebasan (al-hurriyah) dan sistem terbuka hukum perjanjian, asas persamaan atau kesetaraan (Al-Musawah), asas kerelaan (al-ridha), asas konsensual (Mabda’ar-Radhaiyya), asas kejujuran dan kebenaran, asas tertulis (al-Kitabah), asas kemaslahatan (Maslahah), asas amanah Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan mengklasifikasikan data yang terkumpul sesuai tujuan penelitian, yang pada akhirnya menghasilkan kesimpulan. Hasil menelitian menunjukan bahwa pembiayaan kesejahteraan pegawai merupakan pembiayaan yang bekerjasama dengan instansi dengan menggunakan akad wakalah bi al-Ujrah. Dari akad wakalah bi al-Ujrah ini, pihak instansi SMPN 1 Bantarkalong mendapatkan ujrah. Pembiayaan kesejahteraan pegawai mengandung manfaat dan madharat yang dirasakan oleh pihak yang melakukan kerjasama. Manfaatnya nasabah tidak perlu membayar langsung cicilan pembiayaan ke bank, karena pembayaran cicilan pembiayaan akan dipotong langsung setiap bulannya oleh bagian keuangan instansi bendaharawan SMPN 1 Bantarkalong. Mudharatnya, penetapan ujrah tidak jelas didalam akad akan menimbulkan ketidakjelasan terhadap penentuan ujrah kepada pihak instansi. Harmonisasi antara norma MOU antara Bank Jabar Banten Syariah KCP Bantarkalong dengan SMPN 1 Bantarkalong belum sepenuhnya sesuai dengan Fatwa DSN MUI No. 113/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad wakalah bi al-Ujrah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad Wakalah Bial-Ujrah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Anggia Septiani Lestari
Date Deposited: 17 May 2019 02:50
Last Modified: 17 May 2019 02:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20340

Actions (login required)

View Item View Item