Pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan pendapatan terhadap Net Profit Margin (NPM): Studi pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk periode 2008-2017 yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII)

Mayasari, Sindy (2019) Pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan pendapatan terhadap Net Profit Margin (NPM): Studi pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk periode 2008-2017 yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal syariah semakin berkembang, baik dari segi produk maupun peminatnya. Keberhasilan maupun kegagalan penerapan prinsip syariah dalam bersaham menjadi salah satu hal yang menarik untuk diteliti. Dalam penelitian ini menjadikan PT. Semen Indonesia sebagai objek peelitian. PT. Semen Indonesia selalu terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) dari tahun 2008 hingga saat ini. Debt to Asset Ratio (DAR) merupakan alat ukur untuk membandingan total aktiva dengan total utang. Pendapatan merupakan jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari aktivitasnya kebanyakan dari penjualan produk atau jasa kepada pelanggan. Net Profit Margin (NMP) merupakan kemampuan perusahaan untuk menunjukan keuntungan perusahaan. Kondisi Debt to Asset Ratio (DAR) yang meningkat berarti perusahaan memiliki resiko yang tinggi jika tidak bisa melunasi utang-utangnya dan menimbulkan kerugian yang besar. Semakin tinggi pendapatan maka semakin tinggi pula Net Profit Margin (NPM) bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Semen Indonesia Tbk secara parsial, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh Pendapatan terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Semen Indonesia Tbk secara parsial, (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan Pendapatan terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Semen Indonesia Tbk secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Semen Indonesia Tbk periode 2008-2017. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 25.0 dan microsoft excel 2013 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial nilai uji t pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) adalah -2,270 < 2,306 atau thitung < ttabel yang artinya berpengaruh negatif tidak signifikan. Sedangkan pengaruh Pendapatan terhadap Net Profit Margin (NPM) adalah -2,503 < 2,306 atau thitung < ttabel yang artinya berpengaruh negatif tidak signifikan. Kemudian secara simultan nilai uji F pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan Pendapatan terhadap Net Profit Margin (NPM) adalah Fhitung < Ftabel yakni 2,969 < 4,74 dengan nilai signifikansi 0,116. Artinya, berpengaruh negatif tidak signifikan antara Debt to Asset Ratio (DAR) dan Pendapatan terhadap Net Profit Margin (NPM).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Debt to Asset Ratio (DAR); Pendapatan; Net Profit Margin;
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Sindy Mayasari
Date Deposited: 21 May 2019 06:35
Last Modified: 21 May 2019 06:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20348

Actions (login required)

View Item View Item