Pengaruh Sales Growth (SG) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Return Saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT SMART Agribusiness and Food Tbk Periode 2008-2017

Khofiya, Nidaa'an (2019) Pengaruh Sales Growth (SG) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Return Saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT SMART Agribusiness and Food Tbk Periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semangat dalam mengembangkan industri pasar modal di Indonesia terkhusus saham syariah karena Bursa efek merupakan tolak ukur maju dan mundurnya sebuah sistem perekonomian. Pasar modal dikatakan memiliki fungsi keuangan karena pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh return bagi pemilik dana sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih. Investasi dan modal merupakan indikator yang penting bagi perusahaan dalam mendapatkan keuntungan. Sebelum memutuskan berinvestasi, calon investor akan menilai kinerja perusahaan melalui laporan keuangan. Sales Growth merupakan salah satu alat ukur dalam menilai kinerja perusahaan yang naik-turunnya penjualan akan berdampak pada keuntungan yang diperoleh perusahaan. Rasio Gross Profit Margin digunakan untuk melihat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba terhadap penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Sales Growth secara parsial terhadap Return Saham; 2) Pengaruh Gross Profit Margin secara parsial terhadap Return Saham; 3) Pengaruh Sales Growth dan Gross Profit Margin secara simultan terhadap Return Saham pada PT. SMART Agribusiness and Food, Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang di dapat dari Laporan Publikasi Tahunan Ikhtisar Keuangan 2008-2017 PT. SMART Agribusiness and Food, Tbk di website http://www.smart-tbk.com/. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Asosiatif dan Analisis Komparatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Sales Growth di PT. SMART Agribusiness and Food, Tbk secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return Saham dengan nilai koefisien determinasi sebesar 7,7%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung ≤ ttabel dengan nilai -0,817 ≤ 2,306 maka H0 diterima dan Ha ditolak. 2) Gross Profit Margin di PT. SMART Agribusiness and Food, Tbk secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return Saham dengan koefisien determinasi sebesar 1,3%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung ≤ ttabel dengan nilai -0,323 ≤ 2,306 maka H0 diterima dan Ha ditolak. 3) Secara simultan, Sales Growth dan Gross Profit Margin di PT. SMART Agribusiness and Food, Tbk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return Saham dengan nilai koefisien determinasi sebesar 7,71% selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan Fhitung ≤ Ftabel dengan nilai 0,292 ≤ 4,74 maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sales Growth (SG); Gross Profit Margin (GPM); Return Saham;
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Nidaa'an Khofiya
Date Deposited: 17 May 2019 07:43
Last Modified: 17 May 2019 07:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20402

Actions (login required)

View Item View Item