Pengaruh aset derivatif dan aset tak berwujud terhadap total aset di PT Adira Dinamika Multi Finance Unit Syariah Periode 2015-2017

Nurmalia, Yemi Sulasi (2019) Pengaruh aset derivatif dan aset tak berwujud terhadap total aset di PT Adira Dinamika Multi Finance Unit Syariah Periode 2015-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy

Abstract

Penelitan ini dilatar belakangi oleh perusahaan jasa pembiayaan yang saat ini terasa sangat dibutuhkan yaitu untuk menyediakan dana bagi masyarakat yang memerlukan sumber dana baik untuk keperluan modal kerja maupun investasi konsumsi yang bermanfaat serta mendorong perekonomian nasional khususnya masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan dana. Perusahaan memiliki tujuan untuk memperoleh laba dari operasionalnya, kemudian perolehannya dicatat dalam laporan keuangan perusahaan. Jika Aset Derivatif naik dan Aset Tak Berwujud naik, maka Total Aset menjadi naik. Namun, temuan yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Adira Dinamika Multi Finance unit syariah menunjukkan ketidak sesuaian, dimana beberapa periode Aset Derivatif dan Aset Tak Berwujud yang berbanding terbalik dengan total aset. Objek penelitian ini adalah laporan keuangan PT. Adira Dinamika Multi Finance Unit Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui besarnya pengaruh Aset Derivatif terhadap Total Aset secara parsial. (2) mengetahui besarnya pengaruh Aset Tak Berwujud terhadap Total Aset secara parsial .(3) mengetahui besarnya pengaruh Aset Derivatif dan Aset Tak Berwujud terhadap Total Aset secara simultan. Penelitian ini menggunakan kerangka teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat aset derivatif dan aset tak berwujud maka tingkat total aset akan naik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data sekunder yaitu berbentuk laporan keuangan triwulan yang telah dipubilkasikan oleh PT. Adira Dinamika Multi Finance Unit Syariah periode 2015-2017. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis uji t (parsial) dan uji f (simultan) . Hasil penelitian diperoleh secara pasrsial nilai uji t pengaruh Aset Derivatif terhadap Total Aset adalah 1,563 < 2,228 atau thitung < ttabel yang artinya berpengaruh tidak signifikan. Sedangkan pengaruh Aset tak berwujud terhadap Total Aset adalah 0,158 < 2,228 atau thitung < ttabel yang artinya berpengaruh tidak signifikan. Lalu secara simultan nilai uji F pengaruh Aset Derivatif dan Aset Tak Berwujud terhadap Total Aset adalah Fhitung < Ftabel yakni 3,375 < 4,26 artinya, berpengaruh tidak signifikan antara Aset Derivatif dan Aset Tak Berwujud terhadap Total Aset.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aset Derivatif; Aset Tak Berwujud; Total Aset;
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Managerial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Yemi Sulasi Nurmalia
Date Deposited: 20 May 2019 03:45
Last Modified: 20 May 2019 03:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20417

Actions (login required)

View Item View Item