Pengaruh Current Ratio (CR) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi kasus di PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk. Periode 2008-2017

Dewi, Elsa Puspita (2019) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi kasus di PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk. Periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Seorang investor melakukan investasi di pasar modal pada dasarnya selalu memperhitungkan hasil dari return yang akan diperolehnya. Para investor maupun akan tertarik dengan perusahaan yang memiliki Earning Per Share (EPS) yang tinggi, karena Earning Per Share (EPS) dianggap sebagai salah satu indikator keberhasilan perusahaan. Dalam memprediksi Earning Per Share (EPS) dimasa yang akan datang bisa dilakukan dengan analisis rasio keuangan salah satunya dengan menganalisis rasio likuiditas dan profitabilitas dimana rasio likuiditas (Current Ratio) yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi utang jangka pendeknya serta rasio profitabilitas (Operating Profit Margin) yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba melalui kegiatan operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perngaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk; untuk mengatahui pengaruh Operating Profit Margin (OPM) secara parsial terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk; dan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) dan Operating Profit Margin (OPM) secara simultan terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan publikasi tahunan PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk. periode 2008-2017. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan analisis regresi sederhana dan regresi berganda, korelasi Pearson Product Moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi serta analisis uji hipotesis (Uji t dan Uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Current Ratio (CR) berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share (EPS) hal ini ditunjukan oleh nilai t hitung > t tabel (2,539 > 2,30600), dengan koefisen determinasi sebesar 44,6%. Secara parsial Operating Profit Margin (OPM) berpengaruh tidak signifikan terhadap Earning Per Share (EPS) hal ini ditunjukan oleh nilai t hitung < t tabel (1,162 < 2,30600), dengan koefisien determinasi sebesar 14,4%. Kemudian secara simultan, Current Ratio (CR) dan Operating Profit Margin (OPM) berpengaruh tidak signifikan terhadap Earning Per Share (EPS) hal ini ditunjukan oleh nilai F hitung < Ftabel (2,921 < 4,74), dan koefisien determinasi sebesar 45,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Operating Profit Margin (OPM); Earning Per Share (EPS);
Subjects: General Management > Management for Enterprises
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Elsa Puspita Dewi
Date Deposited: 21 May 2019 01:32
Last Modified: 21 May 2019 01:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20427

Actions (login required)

View Item View Item