Pengaruh net profit margin, debt to equity ratio dan total asset turn over terhadap dividend payout ratio: Studi pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar du Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017

Nabila, Zahratul (2019) Pengaruh net profit margin, debt to equity ratio dan total asset turn over terhadap dividend payout ratio: Studi pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar du Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan dividen merupakan hal yang penting karena bukan hanya menyangkut kepentingan perusahaan, namun juga menyangkut kepentingan pemegang saham yang menginginkan dividen. Dividen yang dibagikan kepada pemegang saham tergantung pada kebijakan perusahaan. Besarnya pembagian dividen dipengaruhi oleh berbagai faktor terutama pada rasio keuangan perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Net Profit Margin, Debt to Equity Ratio dan Total Asset Turn Over terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data Sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Dengan pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Pengujian hipotesis dilaukan dengan uji statistik uji parsial (Uji t), uji simultan (Uji F) dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Net Profit Margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio, hal dii dibuktikan degan nilai thitung lebih besar dari ttabel (5.219298 >2.056) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Debt to Equity Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio, hal di dibuktikan degan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2.113529 > 2.056) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Total Asset Turn Over berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Dividend Payout Ratio, hal dii dibuktikan degan nilai thitung lebih kecil dari ttabel (-0.789192 < 2.056) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Sedangkan uji secara simultan Net Profit Margin, Debt to Equity Ratio dan Total Asset Turn Over berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio, hal ini dibuktikan degan nilai thitung lebih besar dari ttabel (12.54522 > 2.975) dengan taraf signifikansi sebesar 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin; Debt to Equity Ratio; Total Asset Turn Over; Dividend Payout Ratio;
Subjects: Econmics
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Zahratul Zahratul Nabila
Date Deposited: 21 May 2019 08:05
Last Modified: 21 May 2019 08:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20439

Actions (login required)

View Item View Item