Ratningsih, Dessy (2019) Pengaruh bimbingan karir quantum tandur terhadap softskill pelajar: Penelitian di kelas XII SMKN 1 Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (486kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan suatu fenomena yang terjadi hari ini bahwa Indonesia telah memasuki era industri 4.0. Era industri 4.0 adalah satu kesatuan cyber physical system dengan internet service sebagai manufaktur dalam kegiatan berindustri atau dengan kata lain penggabungan dunia nyata dengan dunia maya. Untuk menghadapi tantangan industri 4.0 tentu hardskill saja tidak cukup karena harus diseimbangkan dengan softskill. Di SMKN 1 Cimahi terdapat suatu bimbingan karir yang difokuskan pada pemberian materi tentang softskill mengunakan bimbingan karir pendekatan quantum “tandur”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan quantum “tandur” terhadap softskill pelajar. Walaupun sebetulnya softskill tersebut bisa diukur setelah bekerja namun untuk mengontrol kemampuan softskill pelajar dan menngontrol pula maksimalnya bimbingan karir berpendekatan quantum “tandur” maka penelitian ini diberlakukan. Bimbingan karir merupakan proses pemberian bantuan dari seorang yang ahli kepada individu atau kelompok usia produktif untuk mempersiapkan dirinya menghadapi dunia kerja pada masa sebelum, sedang atau seusai bekerja yang selaras dengan ketentuan Allah SWT agar bahagia didunia dan akhirat. Adapun yang disebut dengan pendekatan quantum “tandur” merupakan salah satu teknik yang ada dalam pembelajaran quantum, dan yang disebut dengan tandur adalah sebuah akronim dari kata tumbuhkan minat, alami proses bimbingannya, namai kegiatan bimbingannya, demonstrasikan materi bimbingan tersebut, ulangi atau evaluasi dan rayakan keberhasilan dari terselenggaranya bimbingan tersebut. Selanjutnya softskill adalah kecerdasan emosional atau kecakapan dalam diri seseorang yang ada kaitannya dengan lingkungan sosial, bagian spiritual dan dunia pekerjaan yang mampu melengkapi keterampilan keras atau hardskill seseorang guna memenuhi persayaratan teknis suatu pekerjaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian berupa one group pretest-postest. Penelitian ini dianalisis menggunakan SPSS Statistics versi 20 dengan melakukan uji paired sampel t test. Adapun proses pengambilan data menggunakan sebuah alat ukur berskala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat nilai signifikansi (2 – tailed) pada uji paired sample test sebesar 0,000 itu berarti bahwa apabila nilai signifikansi (2-tailed) lebih kecil daripada 0,5 maka H0 ditolak atau terdapat pengaruh bimbingan karir pendekatan quantum “tandur” terhadap soft skill pelajar. Itu berarti terjadi peningkatan kemampuan softskill pelajar antara sebelum dengan sesudah perlakuan Adapun rata-rata kenaikan data pretes dengan data postes adalah sebesar 11, 5 hal itu berdasarkan rata-rata pretes sebesar 72,06 dengan rata-rata postes sebesar 83.59. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa bimbingan karir pendekatan quantum “tandur” berpengaruh terhadap softskill pelajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Karir; Quantum TANDUR; Softskill; |
Subjects: | Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Dessy ratningsih |
Date Deposited: | 22 May 2019 02:32 |
Last Modified: | 22 May 2019 02:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20451 |
Actions (login required)
View Item |