Objektivitas media pada isu LGBT : anlisis framing model Zhongdan Pan dan Gerald Kosicki pada pemberitaan LGBT di Harian Republika edisi 22 Januari – 6 Februari 2016

Darmawan, Robby (2016) Objektivitas media pada isu LGBT : anlisis framing model Zhongdan Pan dan Gerald Kosicki pada pemberitaan LGBT di Harian Republika edisi 22 Januari – 6 Februari 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)

Abstract

Pemberitaan mengenai isu Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) kembali menghangat di media massa pertengahan Januari lalu, menyusul kemunculan komunitas Support Group and Resource Center On Sexuality Studies (SGRC) yang menjadi Support Group/Assistant LGBT di salah satu kampus ternama di Depok. Sontak, pemberitaan mengenai LGBT menjadi sorotan berbagai media massa, bahkan sebagian media mengangkat isu LGBT ini sebagai headline. Pro-kontra mengenai keberadaan LGBT kembali merebak di media sosial maupun masyarakat umum. Harian Republika selama tiga pekan gencar memberitakan secara hangat berita mengenai LGBT tersebut. Tercatat sembilan berita dimuat secara beruntun dan tiga diantaranya menjadi headline. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana frame Harian Republika dalam pemberitaan isu LGBT melalui analasis framing Pan dan Kosicki serta bagaimana objektivitas pemberitaan isu LGBT di Harian Republika ditinjau dari indikator objektivitas berita J. Westertahl. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan analisis framing Zhongdan Pan dan Gerald. M. Kosicki dengan menggunakan empat struktur framing yaitu: Struktur Sintaksis, Skrip, Tematik dan Retoris. Untuk menguji objektivitas media, peneliti menggunakan indikator objektivitas berita J. Westertahl. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Harian Republika membingkai pemberitaan dengan sikap kontra terhadap LGBT. Republika menampilkan LGBT sebagai momok yang mengancam dengan membawanya ke arah agama, penyimpangan sosial, seksual dan melanggar konstitusi. Pada indikator faktualitas, Harian Republika telah memenuhi unsur truth (kebenaran) dan unsur relevance (relevansi). Sementara pada pemberitaannya hampir semua berita Harian Republika tidak seimbang dan netral pada pemberitaan mengenai isu LGBT ini. Namun, hal ini bisa difahami karena Republika sebagai korannya umat Islam sesuai dengan kemunculan, visi dan misinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LGBT; Analisis Framing Pan dan Kosicki; Objektivitas ;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 21 May 2019 16:15
Last Modified: 21 May 2019 16:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20522

Actions (login required)

View Item View Item