Pengaruh Return On Assets, Return On Equity dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham: Studi pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2018

Nurfitri, Alivia (2019) Pengaruh Return On Assets, Return On Equity dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham: Studi pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Untuk mengetahui seberapa besar return yang akan diterima oleh investor setelah mereka menanamkan modalnya berupa saham maupun obligasi di perusahaan, maka ada satu cara untuk melihat kondisi ini yaitu dengan menggunakan rasio keuangan. Salah satu rasio profitabilitas yang dapat mempengaruhi harga saham adalah Return On Asset, Return On Equity dan Net Profit Margin. Jika harga saham tinggi, maka semakin tinggi pula nilai sebuah perusahaan tersebut sehingga makin diminati investor, karena tingkat pengembalian akan semakin besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh Return On Assets terhadap harga saham pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2018, pengaruh Return On Equity terhadap harga saham pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2018, pengaruh Net Profit Margin terhadap harga saham pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2018. Pengaruh Return On Assets, Return On Equity dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Dan metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersifat kuantitatif yang diperoleh secara cross section. Teknis analisis data yang digunakan adalah menggunakan Regresi Data Panel dengan model fixed effect, uji t (parsial), uji f (simultan) dan koefisien determinasi (R2) menggunakan software Eviews 9. Hasil penelitian dengan tingkat signifikansi 5% menunjukkan bahwa secara parsial Return On Assets berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap harga saham. Return On Equity berpengaruh dan signifikan terhadap harga saham. Net Profit Margin tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap harga saham. Dan secara simultan menunjukkan bahwa secara bersama-sama semua variabel independen berpengaruh dan signifikan terhadap harga saham. Kemudian secara Koefisien Determinasi (R2) dihasilkan 87,6% variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen, sisanya kemungkinan dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return On Assets; Return On Equity; Net Profit Margin; Harga Saham;
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Alivia Nur Fitri
Date Deposited: 21 May 2019 06:44
Last Modified: 21 May 2019 06:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20528

Actions (login required)

View Item View Item