Pengaruh Net Income (NI) dan Current Ratio (CR) terhadap Cash Dividen pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) studi di PT Selamat Sempurna Tbk Periode 2008-2017

Hasan, Lulu Azqia (2019) Pengaruh Net Income (NI) dan Current Ratio (CR) terhadap Cash Dividen pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) studi di PT Selamat Sempurna Tbk Periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BABA V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy

Abstract

Berinvestasi yang dilakukan oleh investor tentunya menimbulkan harapan bahwa akan memeproleh keuntungan berupa dividen dari kegiatan investasi tersebut. Hal yang menajdi tolak ukur perusahaan dalam menghasilkan dividen yaitu dengan Net Income (NI) dan Current ratio (CR) yang mana menunjukan seberapa besar divden yang akan di bagikan kepada pemegang saham. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) pengaruh Net Income (NI) terhadap Cash Dividen, (2) pengaruh Current Ratio (CR) terhadap Cash Dividen (3) pengaruh Net Income (NI) dan Current Ratio (CR) terhadap Cash dividen pada PT. Selamat Smpurna Tbk. Periode 2008-2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sumber data penelitian sekunder yaitu data yang berasal dari laporan keuangan tahunan PT. Selamat Sempurna Tbk. Dalam website resmi yaitu www.smsm.com selama sepuluh tahun yaitu periode 2008-2017. dianalisis secara parsial dengan menggunakan uji analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefesien determinasi dan Uji t kemudian dianalisis secara simultan dengan menggunakan uji analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefesien determinasi dan Uji f. Adapun dengan pengolahan data menggunakan SPSS for windows vesi 16.0 dan micrososft excel 2013 sebagai penunjuang pengolahan data awal. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa Net Income (NI) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu Cash Dividen dibuktikan dengan menunjukan hasil hipotesis thitung (3,374) ≥ ttabel (2,306) dengan nilai signifikansi sebesar 0,006, serta besar koefesien determinasi sebesar 63,5%. Kemudian pada variabel Current Ratio (CR) terdapat pengaruh postitif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu Cash Dividen yang dibuktikan dengan menunjukan hasil hipotesis thitung (2,345) > ttabel (2,306) dengan nilai signifikansi sebesar 0,047 yang menyatakan bahwa Current Ratio (CR) berpengaruh signifikan terhadap Cash Dividen. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan di buktikan dengan hasil hipotesis yang menunjukan fhitung (6,146) > ftabel (4,47) serta besar koefesien determinasi yaitu sebesar 63,7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Net Income (NI); Current ratio (CR); Dividen Cash;
Subjects: Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: lulu azqia hasan
Date Deposited: 22 May 2019 03:30
Last Modified: 22 May 2019 03:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20543

Actions (login required)

View Item View Item