Peran tarekat qodiriyah naqsabandiyah dalam Pembentukan perilaku jamaah di Masjid Al-Siraj Cipadung Kota Bandung: Studi penelitian deskriptif terhadap Jama’ah Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah di Masjid Al-Siraj Kota Bandung

Lutfiana, Fifi (2019) Peran tarekat qodiriyah naqsabandiyah dalam Pembentukan perilaku jamaah di Masjid Al-Siraj Cipadung Kota Bandung: Studi penelitian deskriptif terhadap Jama’ah Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah di Masjid Al-Siraj Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (784kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy

Abstract

Di zaman globalisasi dan modernisasi ini telah memberikan banyak kemudahan bagi kehidupan manusia yang pada akhirnya menyebabkan manusia menjadi terlena dengan kemudahan tersebut. Mereka lupa dengan Sang Pemberi Kemudahan yang sebenarnya, yaitu Allah Swt, hal ini menyebabkan semakin terkikisnya perilaku baik manusia kepada Allah, maupun kepada sesama manusia. Sehingga banyak dari mereka yang tidak merasakan ketenangan di dalam hidupnya. Pada penelitian ini, penulis berusaha untuk mengungkap sebuah cara untuk menangani masalah perilaku manusia tersebut dengan menggunakan jalan sipiritual yang disebut dengan Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah dalam pembentukan perilaku jama’ah di Masjid Al-Siraj dan untuk mengetahui peran Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah terhadap perilaku jama’ah di Masjid Al-Siraj Kota Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah yang dikerjakan oleh jama’ah di Masjid Al-Siraj tidak lepas dengan amaliah-amaliah yang sudah ditetapkan oleh Syekh Mursyid. Amaliah-amaliah tersebut di antaranya dzikir, baik dzikir jahr maupun dzikir khofi, khotaman, tawassul, dan manaqiban. dengan menjalankan amaliah-amaliah tersebut dengan istiqomah seseorang akan merasakan ketenangan di dalam hatinya, yang menyebabkan perubahan perilaku pada dirinya. Amaliah dilaksanakan sesuai dengan waktunya, dzikir jahr, khotaman dan tawassul dilakukan setelah habis sholat fardhu, manaqiban dilakukan setiap satu bulan sekali sedangkan dzikir khofi bisa dilaksanakan kapan saja. Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah merupakan jalan spiritual yang dapat merubah perilaku manusia yang tidak baik menjadi lebih baik. Di antara perubahan perilaku tersebut adalah lebih banyak bersyukur dan menerima segala sesuatu yang sudah Allah tentukan, lebih terbimbing untuk melakukan sesuatu perbuatan, tidak egois, emosi lebih terkendali, berfikir terlebih dahulu sebelum bertindak, tidak mengaggap diri sendiri paling benar, jika mau berbuat kebaikan langsung dikerjakan selama masih ada waktu, lebih tenang dalam mengambil keputusan, sehingga berperilakupun tidak asal berdasarkan hawa nafsu, lebih hormat kepada orang tua, lebih menghargai kepada teman, lebih terbimbing di dalam melakukan suatu hal, lebih berhati-hati di dalam berbicara dan mementingkan pembicaraan yang bermanfaat, berhati-hati dalam bergaul, tidak berlebihan di dalam berpakaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: TQN; Dzikir; Manaqib; Perubahan Perilaku;
Subjects: Religious Experiences
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: fifi lutfiana
Date Deposited: 22 May 2019 03:18
Last Modified: 22 May 2019 03:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20558

Actions (login required)

View Item View Item