Pengaruh Net Operating Margin dan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai terhadap Return On Asset di PT Bank Syariah Bukopin Tbk Periode 2013 2017

Maryam, Siti (2019) Pengaruh Net Operating Margin dan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai terhadap Return On Asset di PT Bank Syariah Bukopin Tbk Periode 2013 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan perbank syariah yang semakin pesat, dan persaingan antar bank pun semakin ketat sehingga menuntut untuk lebih meningkatkan usahanya, yaitu melalui penghimpunan, pembayaran maupun jasa. Dalam memberikan pembiayaan tidak terlepas dari risko bermasalahnya pembiayaan tersebut. Untuk menilai sejauh mana pihak bank mampu dengan baik menyalurkan pendapatan dapat dilihat dari besarnya rasio Net Operating Margin (NOM) sementara untuk melihat seberapa besar pembiayaan yang bermasalah dapat dilihat dari besarnya rasio Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Net Operating Margin (NOM) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) di PT Bank Syariah Bukopin. Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) terhadap Return On Asset (ROA) di PT Bank Syariah Bukopin. Untuk mengetahui pengaruh Net Operating Margin (NOM) dan Cadangan Kerugian penurunan Nilai (CKPN) terhadap Return On Asset (ROA) di PT Bank Syariah Bukopin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh dari laporan keuangan publikasi triwulan PT. Bank syariah bukopin tahun 2013-2017. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan kepustakaan, browsing dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui analisis regresi sederhana, analisi regresi berganda, korelasi PMM, koefisien determinasi. Uji t dan uji F dengan perhitungan manual dan alat pengelolaan data yaitu aplikasi SPSS Versi 23.0. Penelitian ini menyimpulkan: Pertama Pengaruh NOM terhadap ROA secara parsial sebesar 0,011 atau 1,11% yang berarti bahwa NOM berpengaruh terhadap ROA sebesar 1,1% sisanya sebesar 98,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Kedua CKPN terhadap ROA secara parsial sebesar 0,102 atau 10,2% yang berarti bahwa CKPN berpengaruh terhadap ROA sebesar 10,2% sisanya sebesar 89,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Ketiga Pengaruh NOM dan CKPN secara parsial 0,139 atau 13,9%. Hal ini menunjukkan bahwa NOM dan CKPN berpengaruh sebesar 13,9% terhadap ROA sedangkan sisanya yaitu 86,1% dipengaruhi oleh faktor di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Net Operating Margin; Cadangan Kerugian Penurunan Nilai; Return On Asset
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: siti maryam
Date Deposited: 24 May 2019 02:27
Last Modified: 24 May 2019 02:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20625

Actions (login required)

View Item View Item