Pengaruh utang pihak berelasi dan kewajiban imbalan kerja terhadap total liabilitas pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Hero supermarket Tbk. Periode 2015-2016

Azmi, Syifa Naofal (2019) Pengaruh utang pihak berelasi dan kewajiban imbalan kerja terhadap total liabilitas pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Hero supermarket Tbk. Periode 2015-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Total Liabilitas adalah penjumlahan dari hutang jangka panjang dan jangka pendek secara keseluruhan yang merupakan kewajiban perusahaan kepada pihak lain yang belum terenuhi, dimana hutang ini merupakan sumber dana atau modal perusahaan yang berasal dari kreditor. Semakin besar utang maka semakin besar pula kewajiban yang harus dikembalikan. Namun dalam laporan keuangan PT. Hero Supermarket Tbk pada Utang Usaha Pihak Berelasi dan Kewajiban Imbalan Kerja terdapat penyimpangan, yakni tidak sesuai dengan teori yang ada. Oleh karena itu peneliti tertarik meneliti ketiga variabel tersebut. Tujuan penelitian ini adalah ; pertama, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Utang Usaha Pihak Berelasi terhadap Total Liabilitas secara parsial ; kedua, Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kewajiban Imbalan Kerja terhadap Total Liabilitas secara parsial ; ketiga, Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Utang Usaha Pihak Berelasi dan Kewajiban Imbalan Kerja terhadap Total Liabilitas secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang langsung diperoleh dari laporan keuangan publikasi yang dipublikasikan oleh PT. Hero Supermarket Tbk melalui situs resminya www.hero.co.id. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi pearson product moment, analisis kolerasi berganda, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengelolaan data penggunakan SPSS for windows version 20 dan microsoft Exel 2016 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil menunjukkan secara parsial nilai uji t pengaruh Utang Usaha Pihak Berelasi terhadap Total Liabilitas adalah 2,241 > 2,228 atau thitung > ttabel yang artinya terdapat hubungan yang signifikan. Kemudian nilai uji t pengaruh Kewajiban Imbalan Kerja dan Total Liabilitas adalah -4,929 < 2,228 yang artinya terdapat hubungan yang tidak signifikan. Sedangkan secara simultan nilai uji F pengaruh Utang Usaha Pihak Berelasi dan Kewajiban Imbalan Kerja terhadap Total Liabilitas adalah 11,163 > 4,26 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Utang Usaha Pihak Berelasi dan Kewajiban Imbalan Kerja terhadap Total Liabilitas pada PT. Hero Supermarket Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Utang Usaha Pihak Berelasi; Kewajiban Imbalan Kerja; Total Liabilitas;
Subjects: Islam > Islam and Economics
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Econmics > Research Methods of Economic
Econmics > Economic Situation and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: syifa naofal
Date Deposited: 24 May 2019 06:36
Last Modified: 24 May 2019 06:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20633

Actions (login required)

View Item View Item