Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan pemberian hadiah dalam produk Deposito Syukron di BPRS PNM Mentari Garut

Nur'azizah, Washilatusy Syifa (2019) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan pemberian hadiah dalam produk Deposito Syukron di BPRS PNM Mentari Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu program BPRS PNM Mentari Garut yaitu pemberian hadiah kepada nasabah yang menggunakan produk deposito syukron. Besarnya hadiah tergantung dari besarnya nominal deposito dan jangka waktu pengendapan dana sesuai ketentuan yang diterapkan oleh bank. Deposito syukron merupakan deposito yang menggunakan akad mudhārabah. Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan tentang mekanisme pelaksaanan program pemberian hadiah dalam produk deposito syukron di BPRS PNM Mentari Garut, dan harmonisasi antara norma hadiah dalam fiqih dan fatwa No. 86/DSN-MUI/XII/2012 dengan norma hadiah yang dipraktikan dalam produk deposito syukron di BPRS PNM Mentari Garut. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini disandarkan pada Al-Qur’an, Al-Hadits, fatwa No. 86/DSN-MUI/XII/2012 tentang hadiah dalam penghimpunan dana Lembaga Keuangan Syariah yaitu hadiah bertujuan agar nasabah loyal kepada lembaga keuangan syariah dan bersifat tidak mengikat, dan fiqh Islam yakni hadiah dapat diartikan sebagai pemberian dari seseorang kepada orang lain tanpa adanya penggantian dengan maksud memuliakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kepustakaan dan dokumentasi serta didukung dengan wawancara langsung guna menggali informasi secara mendalam terkait permasalahan yang peneliti angkat. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu data-data yang diperoleh kemudian dituangkan dalam bentuk kata-kata kemudian dideskripsikan sehingga dapat memberikan kejelasan yang realistis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa maksud program pemberian hadiah dalam produk deposito syukron yaitu sebagai salah satu strategi marketing dalam menarik minat nasabah untuk menyimpan dananya di bank syariah. Adapun norma yang terdapat dalam program pemberian hadiah yaitu ; 1) ketentuan persyaratan umum pembukaan rekening salah satunya nasabah harus menginvestasikan dana nya kepada bank minimal Rp. 10.000.000, dan 2) ketentuan persyaratan hadiah salah satunya tidak memindah tangankan hadiah tersebut sebelum syarat terpenuhi. Pelakasanaan pemberian hadiah dalam produk deposito syukron menurut penelitian yang telah penulis lakukan sudah sesuai atau harmonis antara fatwa DSN No. 86/DSN-MUI/XII/2012 dengan pelaksanaan pemberian hadiah di BPRS PNM Mentari Garut, didalam pelaksaannya sumber dana hadiah bank syariah didapatkan dari keuntungan bank syariah dan dalam fatwa dijelaskan bahwa hadiah promosi yang diberikan oleh LKS harus milik LKS yang bersangkutan, bukan milik nasabah, sedangkan dalam fiqh tidak dijelaskan secara rinci mengenai ketentuan-ketentuan hadiah yang terpenting barang yang dihadiahkan harus bermanfaat bagi penerimanya dan sumber hadiah tersebut halal dan tidak menyimpang dalam syariah Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hadiah; Deposito Syukron; Strategi Marketing
Subjects: Econmics
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Washilatusy Syifa
Date Deposited: 24 May 2019 07:51
Last Modified: 24 May 2019 07:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20636

Actions (login required)

View Item View Item