Pengaruh Net Profit Margin dan Debt to Equity Ratio terhadap Return Saham : Studi pada perusahaan sektor Pulp dan Kertas yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017

Riani, Dea (2019) Pengaruh Net Profit Margin dan Debt to Equity Ratio terhadap Return Saham : Studi pada perusahaan sektor Pulp dan Kertas yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal semakin berkembang, baik dari segi produknya maupun peminatnya. Keberhasilan maupun kegagalan penerapan prinsip dalam bersaham menjadi salah satu hal yang menarik untuk diteliti. Dengan sejauh mana perusahaan mampu mempertahankan kinerja dalam memproduktifkan dananya. Dalam penelitian ini menjadikan perusahaan Sektor Pulp dan Kertas sebagai objek penelitian. Seiring perkembangan Net Profit Margin (NPM) yang berpengaruh pada pendapatan perusahaan yang kemudian akan berpengaruh terhadap laba perusahaan. Debt to Equity Ratio (DER) yang bepengaruh terhadap beban perusahaan. Kedua faktor eksternal dan internal tersebut secara teori akan berpengaruh terhadap Return saham. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisa pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap Return Saham pada perusahaan Sektor Pulp dan Kertas secara parsial, (2) menganalisa pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return Saham pada perusahaan Sektor Pulp dan Kertas secara parsial, (3) menganalisa pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return Saham pada pada perusahaan Sektor Pulp dan Kertas secara simultan. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2010 – 2017. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browsing dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan Eviews versi 10 dan microsoft excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan secara parsial nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap Return Saham adalah 0,02879 dan pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return Saham adalah 0.01832, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) 0,047527 atau 15% berpengaruh terhadap Return Saham, sedangkan sisanya 35% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa artinya, Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return Saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin (NPM); Debt to Equity Ratio (DER); Return Saham
Subjects: Financial Economics, Finance
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dea Riani
Date Deposited: 24 May 2019 07:47
Last Modified: 24 May 2019 07:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20637

Actions (login required)

View Item View Item