Analisis fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 87/DSN-MUI/XII/2012 tentang metode perataan penghasilan (income smoothing) dana pihak ketiga

Khoeruni, Syifa (2019) Analisis fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 87/DSN-MUI/XII/2012 tentang metode perataan penghasilan (income smoothing) dana pihak ketiga. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu fatwa yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional adalah fatwa tentang metode perataan penghasilan (income smoothing) dana pihak ketiga. Metode Perataan Penghasilan/Laba (Income Smoothing Method) adalah pengaturan pengakuan dan pelaporan laba atau penghasilan dari waktu ke waktu dengan cara menahan sebagaian laba/penghasilan dalam satu periode dan dialihkan pada periode lain dengan tujuan mengurangi fluktuasi yang berlebihan atas bagi hasil antara Lembaga Keuangan Syariah (LKS) dan nasabah penyimpan dana (Dana Pihak Ketiga). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Latar belakang dikeluarkannya Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 87 tentang metode perataan penghasilan (income smoothing) dana pihak ketiga (2) Metode istinbath yang digunakan dalam menetapkan fatwa tentang metode perataan penghasilan (3) Relevansi antara doktrin ekonomi syariah dengan fatwa DSN nomor 87 tentang perataan penghasilan (income smoothing) dana pihak ketiga. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini bersandarkan pada sumber hukum Islam, metode ijtihad dalam hukum Islam, hukum Islam, fatwa, dan penerapan fatwa di bank syariah terutama yang terkait dengan metode perataan penghasilan (income smoothing) dana pihak ketiga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Hukum Normatif (Yuridis Normative), yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka (library research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi kepustakaan, mencari bahan-bahan dari buku, skripsi, jurnal dan internet. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Fatwa DSN MUI No 87/DSN- MUI/XII/2012 tentang Metode Perataan Penghasilan (income smoothing) dana pihak ketiga, buku-buku tentang Muamalah, buku-buku lain yang berkaitan dengan penelitian, dan data-data berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi yang melatarbelakangi dikeluarkannya fatwa DSN-MUI tentang metode perataan penghasilan (income smoothing) dana pihak ketiga adalah untuk menanggulangi risiko pengalihan dana akibat tingkat bagi hasil bank syariah yang fluktuatif dan kurang kompetitif, (2) metode istinbath hukum yang digunakan DSN-MUI adalah dengan mempelajari ayat al-Quran, Hadis, kaidah fiqh, pendapat ulama, dan keputusan AAOIFI tentang kebolehan membentuk dana cadangan dari keuntungan, (3) metode perataan penghasilan (income smoothing) dana pihak ketiga relevan dengan prinsip ekonomi Islam jika dalam praktiknya terhindar dari unsur tadlis dan gharar sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam fatwa DSN-MUI No 87.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fatwa Dewan Syariah Nasional; Perataan Penghasilan; Metode Istinbath; Prinsip Ekonomi Islam;
Subjects: Econmics
Law > Research and Statistical Methods of Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: syifa khoeruni
Date Deposited: 24 May 2019 07:54
Last Modified: 29 Jun 2019 06:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20651

Actions (login required)

View Item View Item