Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Dividen Per Share (DPS) terhadap harga saham: Studi pada perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2008-2017

Kusumaningtyas, Dyah Ajeng (2019) Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Dividen Per Share (DPS) terhadap harga saham: Studi pada perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy

Abstract

Setiap investor pasti mengharapkan keuntungan dalam kegiatan investasi yang dilakukan. Untuk memperkirakan layak atau tidaknya suatu perusahaan dijadikan tempat berinvestasi maka perlu dilakukan analisa terhadap kinerja keuangan dari perusahaan tersebut. Untuk membandingkan harga saham yang dibeli dengan keuntungan yang didapatkan dari kegiatan investasi tersebut dapat melakukan pengamatan terhadap variabel Earning Per Share (EPS) dan Dividen Per Share (DPS). Earning Per Share (EPS) adalah pendapatan yang didapat untuk setiap lembar saham yang dimiliki. Dividen Per Share (DPS) adalah dividen atau laba yang dibagikan kepada pemegang saham untuk setiap lembar saham yang dimiliki. Harga Saham dapat dikatakan murah, mahal atau wajar dapat dilihat melalui laba yang diperoleh, dividen perusahaan, maupun sekuritas berpenghasilan tetap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Dividen Per Share (DPS) terhadap Harga Saham baik secara parsial maupun simultan pada Perusahaan Sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode tahun 2008-2017. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2008–2017. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browsing dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi data panel, uji pengaruh parsial (t-test), uji simultan (F-test), dan uji koefisien determinasi. Adapun pengolahan data menggunakan Eviews versi 10 dan Microsoft Excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan secara parsial bahwa Earning Per Share berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dilihat dari nilai t hitung sebesar 2.122982 ˃ t tabel yaitu 1.671 dengan nilai signifikansi 0.0381 ˂ 0.05. Dividen Per Share (DPS) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dilihat dari nilai t hitung sebesar 4.894357 ˃ t tabel yaitu 1.671 dengan nilai signifikansi 0.0000 ˂ 0.05. Secara simultan Earning Per Share (EPS) dan Dividen Per Share (DPS) berpengaruh signifikan dilihat dari nilai F hitung sebesar 36.02268 ˃ 3.16 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000000 ˂ 0.05. Selain itu, nilai koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan Random Effect Model adalah sebesar 0.558295. Hal ini menunjukkan bahwa Earning Per Share (EPS) dan Dividen Per Share (DPS) dapat mempengaruhi Harga Saham sebesar 55.82%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share (EPS); Dividen Per Share (DPS); Harga Saham;
Subjects: General Management > Financial Management
General Management > Managerial Accounting
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dyah Ajeng Kusumaningtyas
Date Deposited: 28 May 2019 04:13
Last Modified: 28 May 2019 04:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20670

Actions (login required)

View Item View Item