Kontribusi pondok pesantren Al-Hikamussalafiyyah dalam perubahan sosial masyarakat Sukamantri Tanjungkerta Sumedang tahun 2002-2015

Karwini, Leni (2017) Kontribusi pondok pesantren Al-Hikamussalafiyyah dalam perubahan sosial masyarakat Sukamantri Tanjungkerta Sumedang tahun 2002-2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy

Abstract

Dunia pondok pesantren merupakan dunia unik dan khas yang perlu dicermati dalam setiap gerak dan perkembangannya. Dalam dunia tersebut terdapat banyak hal yang tidak bisa diperoleh diluar pondok pesantren. Dengan segala kekurangan dan kelebihannya dunia pesantren telah ikut memberikan sumbangan yang amat besar bagi pembinaan generasi muda, generasi bangsa dan generasi pembangunan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah serta kontribusi pesantren dalam perubahan masyarakat Sukamantri Tanjungkerta Sumedang tahun 2002-2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian sejarah yang berisikan tahapan-tahapan sebagai berikut: tahapan heuristic (pengumpulan sumber), tahapan kritik (kritik intern dan kritik ekstern), tahapan interpretasi (penafsiran sumber-sumber) dan yang terakhir tahapan historigrafi (penulisan sejarah). Keberadaan Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah ini sedikit demi sedikit terus memperlihatkan kontribusi yang besar dan signifikan. K.H. Mohammad Aliyuddin sebagai pendiri pesantren dan H. Sadulloh, SQ, merupakan penggerak perubahan dengan gebrakan-gebrakannya itu yang dengan gagasan pendidikannya mengubah keadaan sosial, agama, dan pendidikan masyarakat Desa Sukamantri. Pesantren tersebut banyak menghasilkan prestasi-prestasi yang diraih para santri dan alumninya. Beberapa alumni telah mendirikan lembaga pendidikan Al-Qur’an, adanya perubahan yang semakin meningkat dapat diterima oleh masyarakat dan membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pondok pesantren juga harus dipahami sebagai lembaga sosial kemasyarakatan yang tidak saja bergerak dalam bidang dunia kependidikan, tetapi lebih jauh dari itu, pondok pesantren juga bergerak dalam bidang dakwah, sosial, dan keagamaan. Berkaitan dengan fungsi dan misi pondok pesantren yang juga bergerak dalam bidang dakwah dan sosial, pondok pesantren ternyata memberi pengaruh yang tidak sedikit kepada masyarakat yang tinggal disekitar pondok pesantren tersebut berada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesantren; Masyarakat; Perubahan sosial;
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Factors Affecting Social Behaviour
Factors Affecting Social Behaviour > Genetic Factors
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Leni Karwini
Date Deposited: 28 May 2019 04:22
Last Modified: 28 May 2019 04:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20703

Actions (login required)

View Item View Item