Bimbingan agama Islam melalui program pembinaan aktivis percikan Iman dalam membina akhlak remaja: Penelitian di Yayasan Percikan Iman Bandung

Heliana, Nina (2019) Bimbingan agama Islam melalui program pembinaan aktivis percikan Iman dalam membina akhlak remaja: Penelitian di Yayasan Percikan Iman Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy

Abstract

Akhlak menempati posisi yang penting dalam ajaran Islam oleh karena itu seorang muslim mempunyai kewajiban untuk membina akhlak sesuai dengan ajaran Islam. Bimbingan Agama Islam merupakan cara atau jalan yang tepat untuk digunakan dalam rangka membina akhlak seorang muslim. Yayasan Percikan Iman mengadakan Bimbingan Agama Islam untuk membina akhlak, yang dilaksanakan melalui Program Pembinaan Aktivis Percikan Iman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan, metode, materi bimbingan agama Islam melalui Program Pembinaan Akitvis Percikan Iman dalam membina akhlak remaja dan juga untuk mengatahui masalah yang dihadapi selama proses bimbingan agama Islam melalui Program Pembinaan Akitvis Percikan Iman dalam membina akhlak remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu menggambarkan bimbingan agama Islam melalui Program Pembinaan Aktivis Percikan Iman dalam membina akhlak remaja. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara dan dokumetasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Menurut Samsul Munir Amin (2013:23). Bimbingan agama Islam adalah proses pemberian bantuan terarah, kontinu dan sistematis kepada setiap individu yang melibatkan unsur-unsur bimbingan agar individu tersebut dapat mengembangkan potensi atau fitrah beragama yang dimilikinya secara optimal dengan cara menginternalisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Qur’an dan Hadis Rasulullah Saw ke dalam dirinya, sehingga ia dapat hidup selaras dan sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Hadis Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bimbingan agama Islam melalui Program Pembinaan Aktivis Percikan Iman dalam membina akhlak remaja dapat membina akhlak terhadap Allah SWT, dapat membina akhlak terhadap sesama manusia dan dapat membina akhlak terhadap diri sendiri. Metode bimbingan agama Islam yang digunakan oleh pembimbing dalam membina akhlak remaja melalui program pembinaan aktivis percikan iman ditinjau dari gaya komunikasi terbagi menjadi dua yaitu metode langsung dan metode tidak langsung, sedangkan ditinjau berdasrkan aspek yang menjadi tujuan juga terbagi menjadi dua yaitu metode bimbingan psikomor dan bimbingan intelektual. Materi bimbingan Agama Islam di Aktivis Percikan Iman dapat mendukung berlangsungnya kegiatan-kegiatan Bimbingan Agam Islam dalam membina akhlak remaja. Adapun, masalah yang dihadapai selama proses bimbingan agama Islam melalui Program Pembinaan Aktivis Percikan Iman secara garis besar ada dua yaitu masalah yang dihadapi remaja dan masalah yang dihadapi pembimbing. Pertama, masalah yang dihadapi remaja yaitu terkait tempat dan waktu pelaksanaan bimbingan. Kedua, masalah yang dihadapi pembimbing yaitu terkait terbatasnya fasilitas sarana dan prasarana bimbingan serta kurangnya tenaga kerja khusus bimbingan agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Program Pembinaan Aktivis Percikan Iman; Akhlak Remaja;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nina Heliana
Date Deposited: 29 May 2019 07:34
Last Modified: 29 May 2019 07:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20782

Actions (login required)

View Item View Item