Implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kabupaten Bandung Tahun 2018

Maryati, Maryati (2019) Implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kabupaten Bandung Tahun 2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ketertarikan penulis terhadap permasalahan sampah yang terjadi Kabupaten Bandung. Bedasarkan survey yang di lakukan penulis di temukan bahwa terdapat permasalahan mengenai banyaknya timbulan sampah, yang jika tidak dikelola secara baik dan teratur bisa menimbulkan berbagai masalah, bukan saja pemerintah daerah tetapi juga bagi seluruh masyarakat, fasilitas yang di berikan juga kurang memenuhi, dan mengenai pembiayaannya masih membutuhkan dana yang sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kabupaten Bandung, kendala/hambatan dalam pencapaian implementasi kebijakan pengelolaan sampah dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala/hambatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori implementasi kebijakan yang dikemukakan oleh George C. Edward III dengan 4 dimensi yaitu: komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi, keempat dimensi tersebut sekaligus di gunakan sebagai indikator sejauh mana pengelolaan sampah di Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan penjabaran deskriptif. Data yang disajikan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan data kualitatif dengan terjun langsung kelapangan untuk wawancara, observasi/pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah model interaktif yang dikembangkan Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pengelolaan sampah dilaksanakan dalam dua tahapan utama, yakni tahapan pengurangan sampah dan tahapan penanganan sampah. Pada pelaksanaan kedua tahapan tersebut terdapat kendala serta ditemukan juga hal-hal yang menjadi faktor penghambat dan juga pendukung terlaksananya implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kabupaten Bandung. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu; meningkatkan penyuluhan informasi mengenai pengelolaan sampah kepada masyarakat, memperbaiki serta menambah sarana dan prasarana pendukung implementasi kebijakan pengelolaan sampah dan meningkatkan sumber daya baik pada lembaga pemerintah, masyarakat dan juga swasta untuk bersama-sama menanggulangi permasalahan sampah yang ada di Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Timbulan Sampah; Pengelolaan sampah; pengurangan sampah; penanganan sampah; pengangkutan sampah; tempat akhir sampah (TPA); Perda Kab Bandung tentang pengelolaan sampah; pelaksanaan kebijakan;
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: maryati maryati
Date Deposited: 31 May 2019 07:15
Last Modified: 31 May 2019 07:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20796

Actions (login required)

View Item View Item