Pengaruh Operational Efficiency Ratio (OER) dan Non Performing Finance (NPF) terhadap Return On Assets (ROA) di PT. Bank Jabar Banten Syariah Periode 2015-2017

Nugraha, Galih Aji (2019) Pengaruh Operational Efficiency Ratio (OER) dan Non Performing Finance (NPF) terhadap Return On Assets (ROA) di PT. Bank Jabar Banten Syariah Periode 2015-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Return On Assets (ROA) merupakan rasio yang menunjukan hasil atas jumlah aktiva yang digunakan bank yang berfungsi untuk memberikan ukuran yang lebih baik atas profitabilitas bank karena menunjukan efektivitas manajemen dalam menggunakan aktiva yang dimiliki untuk memperoleh suatu pendapatan. Rasio Operational Efficiency Ratio (OER) dan Non Performing Finance (NPF) yang kecil mencerminkan bahwa rasio Return On Assets (ROA) yang didapatkan besar. Permasalahan muncul ketika Operational Efficiency Ratio (OER) dan Non Performing Finance (NPF) yang diperoleh tinggi, tetapi Return On Assets (ROA) yang dihasilkan juga tinggi ataupun sebaliknya, seperti terjadi di PT. Bank Jabar Banten Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Operational Efficiency Ratio (OER) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) PT. Bank Jabar Banten Syariah, untuk mengetahui pengaruh Non Performing Finance (NPF) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) PT. Bank Jabar Banten Syariah, dan untuk mengetahui pengaruh Operational Efficiency Ratio (OER) dan Non Performing Finance (NPF) secara simultan terhadap Return On Assets (ROA) PT. Bank Jabar Banten Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan PT. Bank Jabar Banten Syariah periode 2015-2017 yang berasal dari halaman website yang disediakan oleh Bank Jabar Banten Syariah. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin rendah Operational Efficiency Ratio (OER) dan Non Performing Finance (NPF), maka semakin tinggi pengaruhnya terhadap Return On Assets (ROA). Adapun variabel-variabel yang digunakan adalah Operational Efficiency Ratio (OER) dan Non Performing Finance (NPF) sebagai variabel independen dan Return On Assets (ROA) sebagai variabel dependen. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Perhitungan uji t menunjukkan bahwa Operational Efficiency Ratio (OER) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan koefisien determinasi sebesar 67,4% di PT. Bank Jabar Banten Syariah. 2) Perhitungan uji t menunjukkan bahwa Non Performing Finance (NPF) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan koefisien determinasi sebesar 15,8% di PT. Bank Jabar Banten Syariah. 3) Perhitungan uji F menunjukkan bahwa Operational Efficiency Ratio (OER) dan Non Performing Finance (NPF) berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) secara simultan sebesar 67,6% di PT. Bank Jabar Banten Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Operational Efficiency Ratio (OER); Non Performing Finance (NPF); Return On Assets (ROA);
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Galih Aji Nugraha
Date Deposited: 24 Jun 2019 01:35
Last Modified: 24 Jun 2019 01:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20801

Actions (login required)

View Item View Item