Implementasi metode klasifikasi KNN pada sistem rekomendasi bidang keahlian mahasiswa: Studi kasus Teknik Informatika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Ramdani, Ade Irpan (2018) Implementasi metode klasifikasi KNN pada sistem rekomendasi bidang keahlian mahasiswa: Studi kasus Teknik Informatika UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_abstrak.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
5_daftar isi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
8_bab 1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
9_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text (BAB III)
10_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
11_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text (BAB V)
12_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)

Abstract

ENGLISH University is an institution that has capacious role in developing excellent quality of human resource. Because through the learning process by the college in this university helping them to be a skilled human resources and have a difference than their competitor who couldn’t throught the education in university. At the education in this university especially on majoring, colleger is aimed to subject wich based on their skill. But, based on research by Muhammad Fikri Lazuardi about this topic got 68% of colleger are wrong in deciding their skilled group because getting influences from their friends and their environtment at that moment. For handling this problem, we have been made the system for classifier deciding skill of colleger with knn method. Based on result of testing this system by confusion matrix is gotten the accuration degree 98,30%. this is happened because criteria of interest skill and lessons are giving influences to classifier skilled decision. INDONESIA Perguruan tinggi merupakan sebuah institusi yang memiliki peran yang luas atau makro dalam pengembangan kualitas sumber daya yang unggul. Karena melalui proses belajar yang dilakukan mahasiswa di perguruan tinggi membantu mereka menjadi sumber daya manusia yang handal dan berbeda dibandingkan dengan para pesaingnya yang tidak melalui pendidikan di perguruan tinggi. Pada pembelajaran di perguruan tinggi khususnya jurusan, mahasiswa diarahkan dengan pelajaran yang sesuai dengan keahlian. Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Muhammad Fikri Lazuardi tentang ini didapatkan hasil 68% mahasiswa salah dalam menentukan kelompok keahlian yang sesuai dengan kehaliannya karean terpengaruh oleh teman dan lingkunannya saat itu. Untuk menangani masalah tersebut dibuat sistem penentuan bidang keahlian mahasiswa dengan menggunakan algoritma knn. Dari hasil pengujian sistem dengan menggunakan confusion matrix didapatkan tingkat akurasi 98,30%. Hal ini terjadi karena kriteria minat keahlian dan matakuliah berpengaruh terhadap penentuan bidang keahlian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bidang keahlian; knn; confusion matrix;
Subjects: Computer Arts, Digital Arts
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: ade irpan
Date Deposited: 17 Jun 2019 01:02
Last Modified: 17 Jun 2019 01:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20810

Actions (login required)

View Item View Item