Pengaruh Working Capital To Total Assets (WCTA) dan Return On Assets (ROA) terhadap Profit Growth pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Semen Indonesia (persero) tbk. Periode 2007-2017

Ferdiyanah, Fina (2019) Pengaruh Working Capital To Total Assets (WCTA) dan Return On Assets (ROA) terhadap Profit Growth pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Semen Indonesia (persero) tbk. Periode 2007-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia usaha dalam era globalisasi saat ini semakin berkembang pesat di segala bidang. Perkembangan tersebut mengakibatkan setiap pelaku usaha dituntut untuk dapat melakukan pengelolaan secara efektif dan efisien sehingga meningkatkan kinerja perusahaan dalam menghadapi persaingan. Rasio Profit Growth dapat menjadi alat analisis perusahaan dalam memprediksi pertumbuhan laba dimasa yang akan datang. Salah satu faktor yang mempengaruhi Profit Growth yaitu Working Capital to Total Assets (WCTA) dan Return On Assets (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Working Capital to Total Assets (WCTA) terhadap Profit Growth secara parsial, (2) pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap Profit Growth secara parsial, (3) pengaruh Working Capital to Total Assets (WCTA) dan Return On Assets (ROA) terhadap Profit Growth secara simultan pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Periode 2007-2017. Kerangka berfikir pada penelitian ini adalah ketika perusahaan mampu mengelola modal kerja dalam kegiatan operasionalnya dengan baik, maka Working Capital to Total Assets (WCTA) dan Return On Assets (ROA) akan mengalami peningkatan sehingga perusahaan mampu menghasilkan laba dengan memanfaatkan aktiva yang dimilikinya. Hal tersebut akan meningkatkan Profit Growth perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan sumber data penelitian sekunder yakni data laporan keuangan tahunan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. periode 2007 sampai dengan 2017 dalam www.semenindonesia.com. Dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, uji asosiatif dan uji komparatif. Untuk pengolahan data menggunakan program SPSS for windows version 16.0. dan Microsoft Exel 2010. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa: (1) Working Capital to Total Assets (WCTA) secara parsial terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profit Growth dengan hasil uji hipotesis thitung (3,147) > ttabel (2,262) maka Ha diterima. (2) Return On Assets (ROA) secara parsial terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profit Growth dengan hasil uji hipotesis thitung (5,613) > ttabel (2,262) maka Ha diterima. (3) Working Capital to Total Assets (WCTA) dan Return On Assets (ROA) secara simultan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profit Growth dengan hasil uji hipotesis Fhitung (14,007) > Ftabel (4,74) maka Ha diterima. Kemudian hasil perhitungan angka baku Working Capital to Total Assets (WCTA) adalah 15,36 lebih kecil dibandingkan dengan nilai angka baku Return On Assets (ROA) yaitu sebesar 26,76.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Working Capital to Total Assets (WCTA); Return On Assets (ROA); Profit Growth;
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Fina Ferdiyanah
Date Deposited: 12 Jun 2019 01:19
Last Modified: 12 Jun 2019 01:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20844

Actions (login required)

View Item View Item