Perilaku Altruistik spiritualitas masyarakat Baduy: Penelitian terhadap masyarakat Desa Cikeusik Kecamatan Leuwidemar Kabupaten Lebak Provinsi Banten

Burhani, Sumayyah (2019) Perilaku Altruistik spiritualitas masyarakat Baduy: Penelitian terhadap masyarakat Desa Cikeusik Kecamatan Leuwidemar Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Diploma thesis, UIN sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain dalam segala aktivitasnya. Namun seiring perkembangan zaman dan tekhnologi manusia sibuk dengan dirinya sendiri, apalagi dalam hal memberikan bantuan kepada orang lain. Manusia modern akan pilih-pilih ketika memberikan bantuan kepada orang lain, apakah ketika menolong orang lain akan mendapat imbalan atau tidak. Perilaku tolong-menolong tanpa mengaharapkan imbalan apapun disebut dengan perilaku altruisme. Namun ditengah arus modernisasi yang cepat terdapat kumpulan masyarakat yang mengasingkan diri yaitu masyarakat Baduy. Masyarakat Baduy masih memegang teguh prinsif mereka terutama dalam hal tolong menolong. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku altruistik spiritualitas masyarakat Baduy. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspek yang mempengaruhi perilaku altruistik masyarakat Baduy yang menjadi tolak ukur untuk mengetahui perilaku altruistik pada masyarakat Baduy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian dalam bentuk metode etnografi. Objek penelitian ini adalah masyarakat Baduy dan informan dalam penelitian ini adalah masyarakat Kampung Cikeusik Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan dan wawancara secara mendalam. Perilaku altruisme adalah suatu perbuatan atau tindakan menolong orang lain secara sukarela, murni dan tulus tanpa mengharapkan imbalan apapun dari yang ditolongnya, , tetapi semata-mata hanya ingin mensejahterahkan orang yang ditolongnya, dan dapat memberikan manfaat bagi orang lain tanpa mementingkan kepentingan dirinya sendiri. sedangkan spiritual adalah suatu kondisi transenden, aktualisasi diri, tujuan, makna hidup, kesatuan, keseimbangan, kesucian, kebersatuan, dan keyakinan akan adanya kekuatan yang lebih tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perilaku altruistik spiritualitas masyarakat Baduy sudah ditanamkan sejak mereka kecil, masyarakat Baduy akan membantu masyarakat lain yang membutuhkan pertolongan dalam hal apapun, dan mereka tidak mengharapkan imbalan apapun dari yang ditolongnya (2) Sedangkan pada aspek-aspek perilaku altruistik masyarakat Baduy, masyarakat Baduy memenuhi semua aspek-aspek perilaku altruistik tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Altruistik; Spiritualitas; Masyarakat Baduy;
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Character Development
Differential and Developmental Psychology > Environmental Psychology
Applied Psychology > Meditations
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Friends and Neighbors
Customs of Life Cycle and Domestic Life
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Sumayyah Burhani
Date Deposited: 01 Feb 2021 03:33
Last Modified: 01 Feb 2021 03:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20858

Actions (login required)

View Item View Item