Pembuatan media monopoli kimia untuk mengembangkan pengetahuan siswa mengenai alat-alat laboratorium

Basuki, Firman (2019) Pembuatan media monopoli kimia untuk mengembangkan pengetahuan siswa mengenai alat-alat laboratorium. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan tahapan metode Desain Based Research untuk menghasilkan produk media monopoli kimia untuk mengembangkan pengetahuan siswa mengenai alat-alat laboratorium. Penelitian ini didorong oleh pentingnya suatu media pembelajaran visual guna meningkatkan pengetahuan siswa mengenai alat-alat laboratorium. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh produk media monopoli kimia yang memiliki karakteristik diantaranya adalah aturan permainan memodifikasi permainan monopoli yang dilengkapi dengan pertanyaan-pertanyaan, rintangan dalam permainan menunjukkan tingkat kesulitan dan level berpikir yang berbeda serta visualisasi mengilustrasikan berbagai alat laboratorium yang digunakan pada saat praktikum. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa produk media monopoli kimia ini valid dengan diperoleh nilai rata-rata r hitung sebesar 0,84. Hasil uji kelayakan yang dilakukan kepada siswa sebagai responden diperoleh rata-rata persentase kelayakan sebesar 91%, hal ini menunjukkan bahwa media monopoli kimia sangat layak digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Monopoli kimia; pengetahuan siswa; alat-alat laboratorium;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Laboratories
Procedures, Equipment of Chemistry > Laboratories of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Firman Basuki
Date Deposited: 17 Jun 2019 01:55
Last Modified: 17 Jun 2019 01:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20881

Actions (login required)

View Item View Item