Analisis kinerja pendapatan daerah dalam laporan realisasi anggaran Kabupaten Garut tahun anggaran 2013-2017

Rosyana, Vivie (2019) Analisis kinerja pendapatan daerah dalam laporan realisasi anggaran Kabupaten Garut tahun anggaran 2013-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ bab1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy

Abstract

Penyelenggaraan otonomi daerah dan desentralisasi berimplikasi pada semakin luasnya kewenangan daerah untuk mengatur dan mengelola pendapatan daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pendapatan daerah dalam laporan realisasi anggaran Kabupaten Garut tahun anggaran 2013-2017, serta upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja pendapatan daerah Kabupaten Garut. Teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Mahmudi (2016) yang menyebutkan bahwa untuk menganalisis kinerja pendapatan daerah dapat dilakukan dengan cara analisis varians (selisih) anggaran pendapatan, analisis pertumbuhan pendapatan, dan analisis rasio keuangan yang terdiri dari rasio derajat desentralisasi, rasio ketergantungan keuangan daerah, dan rasio kemandirian keuangan daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan trianggulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pendapatan daerah Kabupaten Garut pada tahun anggaran 2013-2017 berdasarkan analisis varians (selisish) anggaran pendapatan dinilai kurang baik. Kinerja pendapatan daerah Kabupaten Garut tahun anggaran 2013-2017 berdasarkan pertumbuhan pendapatan dinilai cukup baik. Kinerja pendapatan daerah Kabupaten Garut tahun anggaran 2013-2017 berdasarkan rasio derajat desentralisasi dinilai kurang. Kinerja pendapatan daerah Kabupaten Garut tahun anggaran 2013-2017 berdasarkan rasio ketergantungan keuangan daerah dinilai masih sangat tinggi. Kinerja pendapatan daerah Kabupaten Garut tahun anggaran 2013-2017 berdasarkan rasio kemandirian keuangan daerah dinilai masih rendah sekali dan termasuk pada pola hubungan instruktif. Adapun upaya untuk meningkatkan kinerja pendapatan daerah Kabupaten Garut diantaranya intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan daerah, melakukan pengawasan dan perencanaan yang lebih baik serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pendapatan Daerah; Analisis Varians (Selisih) Anggaran Pendapatan; Analisis Pertumbuhan Pendapatan; Analisis Rasio Keuangan;
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Vivie Rosyana
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:59
Last Modified: 13 Jun 2019 07:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20882

Actions (login required)

View Item View Item