Kontribusi pondok pesantren Sirojul Huda dalam perubahan sosial keagamaan masyarakat Desa Parungserab-Bandung (1980-2015)

Dayani, Leni Rindi (2017) Kontribusi pondok pesantren Sirojul Huda dalam perubahan sosial keagamaan masyarakat Desa Parungserab-Bandung (1980-2015). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_'ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR SUMBER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)

Abstract

Pondok Pesantren Sirojul Huda didirikan pada tahun 1980, pesantren ini didirikan dilatar belakangi dengan melihat kondisi lingkungan masyarakat Desa Parung Serab saat itu yang sangat lemah agamanya, melihat dari kondisi lingkungan seperti ini, KH. Tohir Rohili hatinya tergugah untuk menyebarkan agama Islam dilingkungan tersebut, dengan cara berdakwah dan mendirikan pesantren. Pesantren ini banyak memberikan kontribusi terhadap masyarakat diantaranya, dalam bidang dakwah, pendidikan, dan perubahan bidang sosial keagamaan, seperti penyelenggaraan peringatan maulid Nabi SAW, sekaligus kegiatan sosial, yaitu khitanan masal, pengobatan gratis, penanaman seribu pohon, dan seminar kepesantrenan bagi masyarakat untuk memberikan pencerahan dan pengetahuan akan pentingnya ilmu agama. Diadakan pula pelatihan bertani bagi masyarakat. Dalam penelitian ini terdapat beberapa masalah yang harus diteliti diantaranya sebagai berikut; Pertama, bagaimana latar belakang berdirinya Pondok Pesantren Sirojul Huda Bandung? Kedua, bagaimana kontribusi Pondok Pesantren Sirojul Huda dalam perubahan sosial keagamaan masyarakat Desa Parungserab Bandung 1980-2015. Penelitian ini bertujuan: Pertama, untuk mengetahui latar belakang berdirinya Pondok Pesantren Sirojul Huda Bandung. Kedua, untuk mengetahui kontribusi Pondok Pesantren Sirojul Huda dalam perubahan sosial keagamaan masyarakat Desa Parungserab Bandung 1980-2015. Adapun metode yang gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah melalui empat tahapan, yaitu heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Berdasarkan penelitian ini dapat kita keahui kontribusi Pondok Pesantren Sirojul Huda terhadap masyarakat, secara garis besar ialah; Pertama, mengubah lingkungan atau paradigma masyarakat yang awam terhadap Agama Islam kini masyarakat Parungserab sudah mengenal Agama Islam beserta ilmunya. Kedua, seiring berjalannya waktu Pondok Pesantren Sirojul Huda mencetak para generasi muda yang Islami, sehingga saat ini sudah banyak alumni yang ditempatkan diberbagai daerah, dengan tujuan untuk menyebarluaskan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kritik; Islam; Politik; Agama;
Subjects: Islam > Islamic History
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 13 Jun 2019 16:56
Last Modified: 13 Jun 2019 16:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20887

Actions (login required)

View Item View Item