Pengaruh Total Asset Turn Over (TATO) dan Working Capital Turn Over (WCTO) terhadap Gross Profit Margin (GPM) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) (Studi di PT. Astra International Tbk. Periode 2008-2017)

Muyassaroh, Yesi (2019) Pengaruh Total Asset Turn Over (TATO) dan Working Capital Turn Over (WCTO) terhadap Gross Profit Margin (GPM) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) (Studi di PT. Astra International Tbk. Periode 2008-2017). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan perekonomian Indonesia pada era globalisasi saat ini. Tujuan utama dari perusahaan adalah memperoleh laba yang optimal dengan pengukuran tingkat profitabilitasnya. Alat ukur yang digunakan salah satunya Gross Profit Margin (GPM). Faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya Gross Profit Margin (GPM) di antaranya adalah variabel Total Asset Turn Over (TATO) dan Working Capital Turn Over (WCTO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Total Asset Turn Over (TATO) secara parsial terhadap Gross Profit Margin (GPM), pengaruh Working Capital Turn Over (WCTO) secara parsial terhadap Gross Profit Margin (GPM) dan pengaruh Total Asset Turn Over (TATO) dan Working Capital Turn Over (WCTO) secara simultan terhadap Gross Profit Margin (GPM) pada PT. Astra International Tbk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder periode tahun 2008-2017 dari laporan keuangan yang dipublikasikan di website resmi https://www.astra.co.id. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dan regresi berganda, korelasi, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Total Asset Turn Over (TATO) terbukti tidak terdapat pengaruh signifikan secara parsial terhadap Gross Profit Margin (GPM) sebesar 16.7%, dan sisanya sebesar 83.3% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Working Capital Turn Over (WCTO) terbukti tidak terdapat pengaruh signifikan secara parsial terhadap Gross Profit Margin (GPM) sebesar 0.7%, sisanya 99.3% dipengaruhi oleh vaiabel yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Total Asset Turn Over (TATO) dan Working Capital Turn Over (WCTO) terbukti tidak terdapat pengaruh signifikan secara simultan terhadap Gross Profit Margin (GPM) sebesar 22.7% sedangkan sisanya sebesar 77.3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Total Asset Turn Over (TATO); Working Capital Turn Over (WCTO); Gross Profit Margin (GPM)
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Yesi Muyassaroh
Date Deposited: 14 Jun 2019 02:37
Last Modified: 14 Jun 2019 02:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20894

Actions (login required)

View Item View Item