Pengaruh pola asuh terhadap pembentukan Akhlakul Karimah anak usia 7-12 tahun: Penelitian di Perumahan Asabri Panyingkiran Majalengka

Yanuar, Ayu (2018) Pengaruh pola asuh terhadap pembentukan Akhlakul Karimah anak usia 7-12 tahun: Penelitian di Perumahan Asabri Panyingkiran Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
8. BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan akhlakul karimah anak usia 7-12 tahun di Perumahan Asabri Panyingkiran Majalengka. Ada tiga tipe pola asuh yaitu demokratis yang mana orang tua selalu memberikan bimbingan kepada anak dan menggunakan komunikasi dua arah, otoriter yang menggunakan komunikasi satu arah dan bimbingan yang terlalu memaksakan kepada anak, lalu permisif yang kurang memberikan kontrol kepada anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui bagaimana pola asuh orang tua, yang kedua untuk melihat seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan akhlak anak. Penelitian ini mengacu pada kerangka berfikir yang menyatakan bahwa terdapat tiga tipe pola asuh orang tua yaitu demokratis, otoriter dan permisif terhadap pembentukan akhlakul karimah anak yang mana baik atau buruknya akhlak akan memantul pada diri sendiri sesuai dengan pembentukan dan pembinaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif Deskriptif dan metode deskriptif menggunakan prnrlitian non-eksperimen dan purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh aspek yang berhubungan dengan pola asuh orang tua terhadap pembentukan akhlakul karimah anak yaitu ke 46 orang tua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian diperoleh kondisi pola asuh orang tua yaitu 78,2 % Demokratis, 17,4 % Otoriter dan 4,3 % Permisif. Dan dapat diketahui bahwa presentase yang didapat dari pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan akhlakul karimah anak sebesar 25 % dan sisanya 100 % - 25 % = 75 % dipengaruhi oleh faktor lain selain pola asuh orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh; Pembentukan Karakter; Akhlak;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam > Specific Moral Issues
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ayu Yanuar Pratiwi
Date Deposited: 11 Jul 2019 06:30
Last Modified: 11 Jul 2019 06:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20930

Actions (login required)

View Item View Item