Haq, Labi Labiatul (2019) Penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan pemahaman siswa pada operasi hitung perkalian dan pembagian: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Plus Darul Hufadz Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalah yang terdapat pada pembelajaran matematika di kelas V MI Plus Darul Hufadz Kabupaten Sumedang. Berdasakan hasil studi pendahuluan, terdapat permasalahan mengenai pembelajaran matematika yaitu rendahnya pemahaman siswa pada operasi hitung terutama perkalian dan pembagian. Dalam kasus ini guru masih belum bisa dan merasa kesulitan dalam menerapkan metode pembelajaran yang tepat, terutama dalam mengajarkan operasi hitung. Selain itu, dilihat dari hasil tes terdapat siswa yang belum tuntas mencapai KKM yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa sebelum, proses dan sesudah menerapkan metode jarimatika. Penelitian dilaksanakan di kelas V MI Plus Darul Hufadz Kabupaten Sumedang dengan menerapkan metode jarimatika dalam meningkatkan pemahaman siswa pada operasi hitung perkelian dan pembagian. Metode Jarimatika merupakan suatu cara untuk melakukan operasi hitung dengan menggunakan alat bantu jari-jari tangan. Jarimatika dapat memberikan visualisasi proses berhitung. Penerapan Metode jarimatika diduga dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V MI Plus Darul Hufadz pada operasi hitung perkalian dan pembagian. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dalam dua siklus yang satu siklusnya terdiri dari dua tindakan. Setiap tindakan merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dari 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Observasi dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument penelitian berupa observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa meningkat tiap siklusnya. Hal ini terlihat dari meningkatnya aktivitas guru dan aktivitas siswa pada setiap siklusnya. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 71.25 dengan kategori baik. Kemudian aktivitas guru pada siklus II adalah 96.4 dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 70.4 dengan kategori cukup. kemudian kativitas siswa pada siklus II meningkat menjadi 89 dengan kategori sangat baik. Pemahaman siswa pada operasi hitung perkalian dan pembagian siklus I rata-rata hitung pemahaman siswa sebesar 64.45 dengan ketuntasan belajar klasikal tindakan I siklus I adalah 34.5% dan tindakan II adalah 48.3%. Sedangkan siklus II rata-rata hitung pemahaman siswa meningkat menjadi 86.17 dengan ketuntasan belajar klasikal tindakan I sebesar 72.4%. Ketuntasan belajar klasikal tindakan II adalah 89.7%, sehingga penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan pemahaman siswa pada operasi hitung perkalian dan pembagian. ENGLISH This research is motivated by the existence of problems found in mathematics learning in the fifth grade of MI Plus Darul Hufadz, Sumedang Regency. Based on the results of the preliminary study, there are problems regarding mathematics learning, namely the low understanding of students in calculating operations, especially multiplication and division. In this case the teacher are difficult in applying the right learning method, especially in teaching count operations. In addition, judging from the results of the tests there are students who have not yet completed reaching the specified KKM. This study aimed to determine students' understanding before, the process and after applying the method of Jarimatika. The research was conducted in fifth class of MI Plus Darul Hufadz Sumedang Regency by applying the method of Jarimatika in increasing students' understanding of the counting and distribution operations. The Jarimatika method is a way to do a count operation using the fingers. Jarimatika can provide visualization of the counting process. The application of the Jarimatika Method is considered can increase the understanding of fifth grade of MI Plus Darul Hufadz in calculating multiplication and division operations. The research method used is Class Action Research in two cycles with one cycle consisting of two actions. Each action is a series of activities starting from 1) Planning 2) Implementation 3) Observation and 4) Reflection. Data collection techniques using research instruments in the form of observation and tests. Based on the results of data analysis that has been done it can be concluded that students' understanding increases in each cycle. This can be seen from the increase in teacher activity and student activities in each cycle. Teacher activities in the first cycle reached 71.25 in the good category. Then the teacher's activity in the second cycle was 96.4 with a very good category. While the activity of students in the first cycle was 70.4 with sufficient categories. Then the student's creativity in the second cycle increased to 89 with a very good category. The understanding of students in the counting operation of the multiplication and division of the first cycle calculates the average student's understanding of 64.45 with classical learning completeness of action I cycle I was 34.5% and action II was 48.3%. While the second cycle, the average calculation of student understanding increased to 86.17 with classical learning completeness of action I at 72.4%. The classical learning completeness of action II was 89.7%, so the application of the method of Jarimatika could improve students' understanding of the multiplication and division counting operations.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode jarimatika; operasi hitung perkalian dan pembagian; |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | lababatul labi labibatul haq |
Date Deposited: | 20 Jun 2019 03:33 |
Last Modified: | 20 Jun 2019 03:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20936 |
Actions (login required)
View Item |