Pengaruh pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) terhadap pemahaman matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di kelas V MI Thariqul Jannah Kabupaten Bandung

Mutohharoh, Siti (2019) Pengaruh pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) terhadap pemahaman matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di kelas V MI Thariqul Jannah Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustakaa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertolak dari munculnya permasalahan yang terjadi di kelas V MI Thariqul Jannah Kabupaten Bandung pada pembelajaran matematika, yaitu sebagian siswa masih kesulitan dalam memahami konsep yang dipelajarinya. Salah satu penyebabnya ialah pendekatan yang digunakan pada saat pembelajaran masih berpusat pada guru. Siswa hanya mendengarkan materi yang dijelaskan oleh guru, kemudian siswa diminta untuk menghafalkan rumus tanpa memahami konsepnya terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan CPA terhadap pemahaman matematis siswa dengan melihat kemampuan dan perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa sebelum diterapkan pendekatan CPA serta kemampuan dan perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah diterapkan pendekatan CPA dan pendekatan konvensional. Pemahaman merupakan tujuan dan hal terpenting dalam proses pembelajaran matematika. Dalam upaya mewujudkannya, cara yang dapat dilakukan ialah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang memperhatikan tahapan berpikir setiap individu. Salah satunya yaitu pendekatan CPA, yang terdiri dari tahap konkret, pictorial (gambar) dan abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design dengan melibatkan 35 siswa yang terdiri dari 18 siswa kelas VA sebagai kelas yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan CPA dan 17 siswa kelas VB yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pretest-posttest kemampuan pemahaman matematis yang berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa sebelum diterapkan pendekatan CPA, yang berarti kemampuan awal pemahaman matematis dari kedua kelas tersebut sama. Kemampuan pemahaman matematis siswa sebelum diterapkan pendekatan CPA pada kelas eksperimen sebesar 46,06 dan berada dalam kategori kurang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 36,03 dan berada dalam kategori sangat kurang. Sedangkan setelah diterapkan pendekatan CPA pada kelas eksperimen dan pendekatan konvensional pada kelas kontrol menunjukkan bahwasanya terdapat perbedaan kemampuan. Kemampuan pemahaman matematis siswa yang menerapan pendekatan CPA sebesar 80,32 dan berada dalam kategori baik. Sedangkan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menerapkan pendekatan konvensional sebesar 64,95 dan berada dalam kategori cukup. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwasanya pendekatan CPA berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. ENGLISH This research starting from the emergence of problems that occur in fifth grade of MI Thariqul Jannah Bandung Regency in mathematics learning, which is that some students still have difficulties to understand the concepts that students have learned. One of the main cause is the approachment that used when learning is still teacher-centered. Students only listen to the material explained by the teacher, then students are asked to memorize the formula without understanding the concept first. The purpose of this research is to understand the influences of the CPA approach to students' mathematical understanding by looking at the ability and differences in students' mathematical understanding skills before the CPA approach was applied and the ability and differences in students' mathematical understanding abilities after the CPA approach and conventional approaches were applied. Understanding is the goal and the most important thing in the process of learning mathematics. In order to create, the way that can be done is by using a learning approach that observes staps of thinking in each individual. One of them is the CPA approach, that consists of concrete steps, pictorial (images) and abstracts. This research is a quasi-experimental research with nonequivalent control group design by involved 35 students which is consist of 18 students of fifth A grade as a class that applies the learning with using CPA approach and 17 students fifth B grade as a class that applies the learning with using conventional approaches. The instrument that used in this research is test, pretest-posttest of mathematical comprehension ability in the form of description. The results of the research there is not the difference in students’ mathematical comprehension skills before the CPA approach was applied, it means first ability of mathematical understanding of the two classes was the same. The ability of students to understand mathematically before applying the CPA approach to the experimental class is 46.06 and is in the less category, while the control class is 36.03 and is in the very less category. Whereas after the CPA approach was applied to the experimental class and the conventional approach to the control class showed that there were differences in abilities. The ability of mathematical understanding of students who apply the CPA approach is 80.32 and is in the good category. While the mathematical understanding ability of students who apply the conventional approach is 64.95 and is in the sufficient category. Thus, it can be concluded that the CPA approach influences students' mathematical understanding abilities.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman matematis; pendekatan Concrete Pictorial Abstract;
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Mutohharoh
Date Deposited: 20 Jun 2019 02:38
Last Modified: 05 Jul 2019 06:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21012

Actions (login required)

View Item View Item