Hubungan kegiatan penataran santri dengan akhlak mereka terhadap sesama di Pondok Pesantren Al-Amin Sukabumi: Penelitian terhadap santri putri kelas VII MTs Al-Amin di Pondok Pesantren Al-Amin Cicurug Sukabumi

Yusuf, Iis Aisyah (2019) Hubungan kegiatan penataran santri dengan akhlak mereka terhadap sesama di Pondok Pesantren Al-Amin Sukabumi: Penelitian terhadap santri putri kelas VII MTs Al-Amin di Pondok Pesantren Al-Amin Cicurug Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di Pondok Pesantren Al-Amin Sukabumi, bahwa terdapat kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan akhlak yang dinamakan dengan program penataran santri. Kegiatan tersebut wajib diikuti oleh setiap santri di pondok pesantren dengan harapan sebagai pembinaan akhlak santri. Namun realitas yang terjadi di Pondok Pesantren Al-Amin terdapat beberapa penyimpangan-penyimpangan akhlak seorang santri. Maka dari itu penulis tertarik untuk meneliti kegiatan tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana realitas kegiatan penataran santri di Pondok Pesantren Al-Amin Sukabumi? 2) Bagaimana realitas akhlak santri terhadap sesama di Pondok Pesantren Al-Amin Sukabumi? 3) Bagaimana hubungan antara kegiatan penataran santri dengan akhlak mereka terhadap sesama di Pondok Pesantren Al-Amin Sukabumi?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui realitas kegiatan penataran santri, 2) Mengetahui realitas akhlak santri terhadap sesama di Pondok Pesantren Al-Amin, dan 3) Mengetahui realitas hubungan kegiatan penataran santri dengan akhlak mereka terhadap sesama di Pondok Pesantren Al-Amin. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran, bahwa akhlak santri dipengaruhi dengan beberapa faktor, salah satuya dengan mengikuti kegiatan penataran. Berdasarkan korelasi tersebut dirumuskan hipotesis, semakin baik kualitas kegiatan penataran santri, maka semakin baik pula akhlak mereka terhadap sesama di Pondok Pesantren Al-Amin Sukabumi. Sebaliknya, semakin buruk kualitas kegiatan penataran santri, maka semakin buruk pula akhlak mereka terhadap sesama di Pondok Pesantren Al-Amin Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelatif. Cara pengumpulan datanya dengan menyebarkan angket, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Dalam penelitian ini diambil sampel dari kelas VII MTs Al-Amin sebanyak 57 santri. Analisis data kedua variabel ini dilakukan dengan menggunakan metode statistika. Hasil penelitian menunjukkan 1) Realitas kegiatan penataran santri berkategori tinggi. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata 4,31 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. 2) Realitas akhlak santri terhadap sesama di pondok pesantren berkategori tinggi. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata 3,91 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. 3) Realitas hubungan kegiatan penataran santri dengan akhlak mereka terhadap sesama di pondok pesantren termasuk rendah, dengan koefisien korelasi sebesar 0,34 yang berada pada interval 0,20 – 0,40. Hipotesisnya diterima, dan terdapat hubungan yang signifikan antara keduanya berdasarkan hasil thitung 2,68 lebih besar dari ttabel dengan nilai 1,67 dengan kadar pengaruhnya 6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penataran Santri; Akhlak terhadap Sesama;
Subjects: Ethics, Moral Philosophy > Normative Ethics
Education > Ethical Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iis Aisyah Yusuf
Date Deposited: 21 Jun 2019 02:39
Last Modified: 21 Jun 2019 02:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21029

Actions (login required)

View Item View Item