Safaah, Nur Fitri Naelu (2017) Peran Madrasah dalam meningkatkan kesadaran beragama pada remaja. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (632kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu tonggak untuk memajukan individu dan mencetak peserta didik menjadi manusia yang memiliki perilaku keagamaan yang baik, beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Nilai-nilai kepesantrenan yang mulai pudar di era globalisasi ini menjadikan peserta didik dituntut untuk bisa memahami keadaan ini. Dalam hal ini MTs. Darul Amira memiliki program unggulan dalam hal kepesantrenan, maka Madrasah dituntut untuk menjadikan peserta didik yang berimtaq dan beriptek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, peran madrasah dalam meningkatkan kesadaran beragama kepada para peserta didik yang telah memasuki usia remaja. Kedua, faktor pendukung dan kendala yang dihadapi madrasah dalam meningkatkan kesadaran beragama para peserta didiknya. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah (M.Ts.) Darul Amira Desa Padamulya, kecamatan Cihaurbeuti, kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, interview (wawancara) dan kuesioner (angket). Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, peran madrasah dalam meningkatkan kesadaran beragama pada remaja (peserta didik) di M.Ts. pada aspek akidah dengan hasil yang diperoleh sebanyak 10,875 Orang yang menjawab Ya hal ini menunjukan aspek keyakinan yang baik sedangkan pada aspek ibadah dan akhlakul karimah sebanyak 12,75 Orang yang menjawab jarang hal ini menunjukan nilai yang terbanyak. Maka pada aspek ibadah dan ahlakul karimah ini masih terbilang kurang . Hal tersebut, menunjukan bahwa peran Madrasah dirasa belum optimal dalam pencapaian kesadaran beragama pada peserta didik. hal demikian disebabkan karena tata tertib belum berjalan lancar, kurangnya tenaga pendidik dan tidak adanya pengawasan secara intensif. Kedua, sikap pemilik Madrasah yang bersifat otoriter terhadap komponen Madrasah, kurangnya kesadaran orang tua terhadap nilai-nilai kepesantrenan dan rendahnya minat peserta didik terhadap pondok Pesantren. Adapun faktor pendukung dari Madrasah berupa adanya hubungan emosional dan historis antara tenaga pendidik dan pengasuh Madrasah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pondok Pesantren; Nilail; Intensif; Remaja; |
Subjects: | Comparative Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 24 Jun 2019 03:30 |
Last Modified: | 24 Jun 2019 03:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21110 |
Actions (login required)
View Item |